10 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes, Hati-hati Jangan Sembarang Nyemil
Ilustrasi cemilan sehat untuk diabetes (Freepik/8photo)

Bagikan:

PALEMBANG- Mengonsumsi snack atau cemilan merupakan aktivitas mengisi perut dengan porsi ringan.  Jeda jam makan seringkali ingin ngemil atau makan snack. Tetapi bagi penderita diabetes perlu memperhatikan camilan apa yang aman dan tidak berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah.

Untuk Anda yang menderita diabetes atau menghindari risiko menderita penyakit tersebut, berikut rekomendasi camilan yang baik untuk kesehatan.

Telur rebus

Telur dikenal sebagai makanan yang mampu memperpanjang rasa kenyang. Ini artinya, jika mengonsumsi satu butir telur rebus dapat mengurangi mengonsumsi lebih banyak makanan karbohidrat. Nah, dalam satu butir telur rebus mengandung 6 gram protein.

Tak tanggung-tanggung, studi pada 65 orang penderita diabetes tipe 2 makan 2 butir setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan kadar gula darah puasa secara signifikan dan juga mengalami peningkatan kadar hemoglobin A1c yang berarti dapat mengontrol gula darah jangka panjang.

Almond

Sebuah studi yang dilakukan di School of Nutrition and Health Science, Taipei Medical University menemukan bahwa almond baik bagi kesehatan jantung, mengurangi kadar kolesterol, manajemen berat badan, dan memperbaiki kondisi kesehatan bagi penderita diabetes tipe 2.

Karena kacang almond mengandung tinggi kalori, maka batas aman dikonsumsi adalah satu genggam sebagai camilan. Apabila rutin mengonsumsi kacang almond, dalam studi dikatakan dapat menurunkan kadar gula darah antara 3 hingga 9 persen setelah mengonsumsi selama 4-24 minggu.

Alpukat

Kandungan tinggi serat dan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat menjadikan buah ini raman bagi penderita diabetes. Sebab alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi, maka direkomendasikan mengonsumsi seperempat hingga setengah buah alpukat untuk camilan.

Apel

Seperti yang kita tahu, apel merupakan superfood yang kaya nutrisi termasuk vitamin B, vitamin C, dan kalium. Studi yang dilakukan oleh Dianne A. Hyson dari Department of Family and Consumer Sciences-Nutrition and Food/Dietetics di California State University menemukan fakta menakjubkan tentang apel.

Apel memiliki potensi dalam manajemen diabetes. Antioksidan polifenol dalam apel dapat melindungi sel pankreas dari kerusakan yang sering memperburuk diabetes. Anda juga dapat mengonsumsi camilan dengan manfaat serupa seperti pisang dan buah pir.

Buncis panggang

Biasanya, buncis panggang merupakan makanan sampingan dan disajikan dengan beef steak. Anda dapat nyemil buncis panggang jika tak ingin makan berat seperti steak.

Biji-bijian

Biji gandum maupun camilan dari biji-bijian yang diolah dengan di-oven atau dipanggang adalah pilihan camilan paling tepat jika Anda menderita diabetes. Kandungan lemak sehat, protein, dan serat dalam biji-bijian tergolong aman.

Popcorn

Jika nyemil popcorn, pilih yang tanpa perasa atau tanpa tambahan garam maupun karamel. Popcorn plain dianggap sebagai camilan terbaik untuk penderita diabetes sebab tingkat kalorinya rendah. Dalam satu cangkir atau 8 gram popcorn hanya mengandung 31 kalori dan sebanyak 1 gram serat.

Ubi jalar

Di Indonesia ada berbagai varian ubi jalar, dari yang berwarna oranye, kuning, dan ungu. Meski rasanya manis, tetapi dalam ubi jalar mengandung 40 persen serat larut yang membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah dan kolesterol.

Yang direkomendasikan untuk penderita diabetes adalah ubi jalar yang memiliki keratenoid oranye dan kuning. Sebab jenis ubi jalar tersebut mampu membantu tubuh merespon efektif insulin.

Kacang hitam

Kacang hitam tidak hanya bisa untuk camilan saja, tetapi juga dapat ditambahkan dalam sepiring salad. Kacang hitam mengandung tinggi serat dan protein yang artinya aman untuk camilan penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi Illinois dan Universitas California meneliti 12 orang yang mengonsumsi kacang hitam dan terbukti efektif menurunkan 33 persen kadar gula dalam darah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kacang hitam.

Edamame

Camilan varian kedelai yang berukuran besar ini merupakan snack sehat untuk penderita diabetes. Dalam 1 cangkir berisi 155 gram edamame mengandung 9 gram serat dan 17 gram protein. Berdasarkan studi ilmiah, edamame dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Edamame juga mampu meningkatkan resistensi insulin. Pada kondisi sel tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin secara efektif, maka kadar gula darah tinggi. Oleh sebab itu, Anda bisa mencamil edamame rebus satu porsi untuk menstabilkan kembali efektivitas kerja insulin dalam tubuh.

Aturan yang perlu diperhatikan, camilan untuk diabetes baiknya mengandung tinggi protein, serat, dan lemak sehat. Apa camilan Anda hari ini?

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul  10 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.