Pemkab Bangka Tingkatkan Pengembangan Desa Wisata karena Punya Potensi Alam yang Kaya
Bupati Bangka (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengembangan desa wisata kian ditingkatkan oleh Pemkab Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, karena potensi sumber daya alam dinilai dapat meningkatkan peningkatan ekonomi masyarakat daerah.

"Penguatan pengembangan desa wisata mulai dari melibatkan peran masyarakat melalui kelompok sadar wisata, sampai kelembangaan pengelolaan potensi wisata yang berkelanjutan," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Kamis.

Potensi Wisata Kabupaten Bangka

Dia mengatakan, potensi wisata hampir semua yang ada di wilayah desa baik itu wisata alam seperti air terjun ataupun wisata pantai. Pemerintah desa dan masyarakatnya diberikan hak mengembangkan potensi yang disimpan tersebut.

Bupati meminta izin pemerintah desa mengembangkan potensi kekayaan alamnya yang benar-benar dimaksimalkan untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Pengembangan dan Pemberdayaan Potensi SDA Desa di Bangka

Dikatakan, pengembangan dan pemberdayaan potensi sumber daya alam di desa yang dibutuhkan agar pemerintah desa memiliki sumber pendapatan karena tidak menutup kemungkinan dana bantuan pemerintah yang disalurkan ke desa kedepannya mengalami pengurangan.

"Kedepannya pemerintah menginginkan setiap pemerintahan desa mampu mandiri membangun desa sendiri," katanya.

Terdata jumlah desa di Kabupaten Bangka sebanyak 60 desa tersebar di delapan kecamatan yang umumnya setor pertanian dan perkebunan yang banyak digarap masyarakat.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .