PT Timah Beri Bantuan Mesin untuk Tingkatkan Kualitas Lada Petani
PT Timah salurkan bantuan mesin blower (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bantuan satu unit mesin blower diberikan oleh PT Timah kepada koperasi Plasma Kacang Butor, desa Kacang Butor, kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mesin tersebut berfungsi untuk membersihkan lada.

Kepala Unit Produksi PT Timah Belitung, Sigit Prabowo di Badau, Kamis mengatakan bantuan tersebut merupakan dukungan perusahaan terhadap pengembangan kualitas lada sebagai komoditi unggulan di daerah itu. Dengan itu membantu mempermudah dalam proses pembersihan sehingga terjaga kualitas lada.

"Kami sangat berbahagia sekali karena bisa hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai bentuk dukungan PT Timah kepada pengembangan daerah dan masyarakat," katanya.

Bantuan Mesin Pembersih Lada Program Pengembangan Masyarakat dari PT Timah

Menurut dia, bantuan mesin pembersih lada tersebut merupakan Program Pengembanan Masyarakat (PPM) bersumber dari dana tanggung jawab sosial perusahaan.

Bantuan mesin blower pembersih lada tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas lada petani di daerah itu sebelum dijual atau pasarkan.

"Kualitas dan mutu lada yang baik akan meningkatkan nilai jual produk dan secara otomatis meningkatkan kesejahteraan petani lada," ujarnya.

PT Timah juga akan bekerja sama dengan pemerintah desa Badau dalam membudidayakan tanaman nanas sebagai komoditi hasil pertanian unggulan di daerah itu.

"Nanas Badau sudah cukup terkenal dan kami akan bekerja sama dalam mengembangkan dan membudidayakan tanaman tersebut," katanya.

Mesin Pembersih dan Pemilah Lada Berdasarkan Kualitas

Sementara itu, Ketua Koperasi Plasma Kacang Butor, di Badau, Kamis mengucapkan terimakasih atas bantuan mesin tersebut yang selama ini  telah dinantikan oleh petani di daerah itu.

"Fungsi mesin ini dapat membersihkan lada sekaligus memilah lada dengan kualitasnya ada yang grade A dan grade B," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.