Bupati OKU Timur Siaga Ancaman Karhutla di Musim Kemarau
Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah meninjau kesiapsiagaan peralatan penanggulangan karhutla di salah satu perusahaan, Selasa (7/9/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkab OKU Timur)

Bagikan:

PALEMBANG - Lanosin Hamzah, Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, mengintruksikan agar daerhanya siaga terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi karhulta saat musim kemarau 2021.

"Memasuki musim kemarau kesiapsiagaan perlu ditingkatkan guna mengantisipasi terjadinya karhutla," kata dia di Martapura, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa.

OKU Timur Pernah Menjadi Wilayah Pengirim Bencana Asap

Menurut dia, kesiapsiagaan menghadapi karhutla perlu dilakukan mengingat Provinisi Sumsel, termasuk di OKU Timur, pada 2018 termasuk sebagai "pengekspor" asap ke negara lain akibat karhutla.

"Hal tersebut tidak boleh terulang kembali sehingga kita harus siap siaga menghadapi karhutla,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan peralatan penanggulangan karhutla, termasuk membentuk tim relawan api di setiap desa.

Pemkab OKU Timur Menghimbau Perusahaan Perkebunan Siapkan Penanggulangan Karhutla

Ia juga mengingatkan pihak perusahaan perkebunan di OKU Timur agar selalu menyiapkan peralatan penanggulangan karhutla yang memadai.

Selain itu, masyarakat juga diimbau tidak melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan pertanian yang dapat memicu terjadinya karhutla.

"Sudah jelas pembakaran lahan yang dapat memicu karhutla akan mendapat sangsi pidana," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.