Anggaran Kesehatan Kabupaten Belitung dalam APBD 2021 Mencapai Rp251 miliar
Rapat paripurna XXXIII masa persidangan III DPRD Kabupaten Belitung tahun 2020-2021 (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemkab Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memproyeksikan anggaran bidang kesehatan di daerahnya dalam rancangan APBD Perubahan 2021 senilai Rp251 miliar.

Sahani Saleh, Bupati Belitung, di Tanjung Pandan, Senin, mengatakan anggaran tersebut guna mendukung penanganan COVID-19 di daerah itu.

"Khususnya pada peningkatan kualitas pelayanan dan perluasan jangkauan pelayanan termasuk dukungan penanganan COVID-19," katanya.

Ia menyebut hingga saat ini alokasi anggaran fungsi kesehatan Kabupaten Belitung telah mencapai 29,30 persen dari total belanja daerah di luar gaji pegawai.

Ia menyebutkan hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan untuk mengalokasikan anggaran kesehatan sekurang-kurangnya 10 persen dari total belanja daerah di luar gaji.

"Kami memprioritaskan penanganan COVID-19 baik dari sisi kesehatan dan dampak yang berkaitan seperti sektor ekonomi dan sektor lainnya," ujarnya.

Anggaran Pemkab Belitung untuk Penanganan COVID-19

Ia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Belitung telah melakukan "refocusing" anggaran dan memenuhi alokasi anggaran minimal delapan persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk penanganan COVID-19 sebesar Rp37 miliar dan dari dana penerimaan umum APBD Belitung sebesar Rp1,8 miliar.

"Jadi kami telah melakukan 'refocusing' dengan total anggaran Rp38 miliar untuk penanganan COVID-19," katanya.

Rancangan APBD 2021 Belitung Diharapkan Dapat Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Dirinya berharap alokasi anggaran bidang kesehatan tersebut dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setempat.

"Kami juga terus berkomitmen meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.