Walkot Palembang Targetkan Galang 70 Persen Zakat ASN
Walikota Palembang Harnojoyo melantik pengurusu Badan Amil Zakat Kota Palembang periode 2021-2026 (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Harnojoyo, Wali Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, mendorong pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) supaya dapat mencapai target pengumpulan 70 persen zakat dari aparatur sipil negara (ASN).

Harnojoyo saat prosesi pelantikan pengurus baru Baznas Kota Palembang periode 2021-2026 di Palembang, Kamis mengatakan di bawah kepemimpinan ketua baru, Baznas harus semakin konkret dalam berkolaborasi dengan program-program pemerintah, khususnya dalam merealisasikan kesejahteraan umat sosial-ekonomi dan keagamaan.

“Selama lima tahun ke depan Baznas Kota Palembang akan dipimpin oleh Ridwan yang menggantikan ketua sebelumnya Saim Mardan,” kata dia.

Pemkot Palembang Prioritaskan Pengumpulan Zakat dari ASN

Hal yang tetap menjadi skala prioritas selama lima tahun ke depan, salah satunya mengumpulkan zakat dari ASN, sebab potensi penghasilan ASN tersebut cukup tinggi.

Termasuk juga yang non ASN, kata Harnojoyo, bila Baznas bisa dengan optimal dari keduanya bisa terkumpul minimal 70 persen dari jumlah pemberi zakat.

“Potensi penghasilan ASN atau non ASN Kota Palembang cukup tinggi, setidak 70 persen ini akan jadi lebih baik,” ujarnya.

Selain itu ia mengharapkan, pengurus baru ini lebih aktif berkegiatan di kalangan masyarakat umum sehingga mereka akan mudah dikenali masyarakat lalu akan tumbuh kedekatan emosional.

“Dipercaya masyarakat adalah yang paling penting,” ujarnya.

Adapun dalam menjalankan struktur pengurusan Baznas Ridwan akan dibantu oleh pengurus lain yakni, Wakil Ketua I Drs. H.M. Teguh Shobiri (Bidang Pengumpulan), Wakil Ketua II Syaefuddin (Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan).

Solidaritas Semua Pihak Dibutuhkan dalam Pelaksanaan Zakat Kota Palembang

Lalu Wakil Ketua II Widiartini (Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan), Wakil Ketua IV Muhammad Syakuri (Bidang Administrasi, Sumber Daya Manusia dan Umum).

Ketua Baznas Kota Palembang Ridwan mengatakan, menjalankan pengurusan diperlukan solidaritas dari semua pihak baik internal maupun eksternal organisasi supaya apa yang menjadi target capaian dapat terealisasikan dengan baik.

“Terimakasih atas kepercayaannya, mudah-mudahan kami bisa menjalankan amanah ini dengan baik,” tandasnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.