Layanan Google Meet Kini Dibatasi dan Tak Lagi Gratis, Panggilan Konferensi Video Cuma 1 Jam
Panggilan konferensi menggunakan Google Meet (9to5google)

Bagikan:

PALEMBANG- Platform layanan panggilan video Google telah berhasil meraih kesuksesan digunakan banyak pengguna. Kini layanan Google Meet memperbarui aturan aksesnya yang sebelumnya dapat diakses secara tak terbatas oleh pemilik akun gratis.

Berdasarkan pembaruan dokumen pendukung yang pertama kali diketahui 9to5Gooogle, kini akun gratis cuma bisa melakukan panggilan video selama 60 menit saja.

Sebelumnya, layanan konferensi tak terbatas yang ditawarkan Google sukses membantu banyak orang di dunia. Mengingat banyak aktivitas yang kini beralih online akibat pandemi COVID-19. Tak perlu mengkhawatirkan panggilan terputus atau membuat tautan baru membuat banyak orang bisa terhubung lebih bebas dan tanpa batas.

Layanan Gratis Google Meet Telah Berakhir

Sebelumnya, keputusan ini pernah disampaikan Meet saat awal pandemi. Kala itu, Google menyampaikan bahwa layanan gratis hanya berlaku sejak bulan April hingga September 2020 saja. 

Hanya saja, tenggat waktu itu terus dimundurkan perusahaan. Menjadi 31 Maret 2021, kemudian, yang paling baru, bulan Juni 30. 

Sejak tenggat waktu yang terakhir berakhir, Google tidak membagikan sepatah katapun. Tanpa pengumuman maupun pemberitahuan. Tiba-tiba saja, panggilan konferensi melalui Google Meet dibatasi. 

Tak hanya dari segi durasi, tapi juga jumlah partisipan konferensi. Kini, selain pembatasan waktu selama 60 menit, pengguna juga akan mendapati pemberitahuan baru berupa “Calls with 3 more participants”. 

“Saat menit ke-55, seluruh anggota (panggilan konferensi, -red) akan mendapat pemberitahuan bahwa panggilan akan segera berakhir. Untuk memperpanjang waktu panggilan, pembuat ruangan bisa meningkatkan akun Google mereka. Jika tidak, panggilan akan diakhiri pada menit ke-60,” tulis Google lewat blog resmi, Rabu, 14 Juli.14 Jul 2021 06:34

Masih Bisa Pakai Meet Gratis, Tapi Lebih Dibatasi

Google turut menyampaikan bahwa panggilan video antara dua orang tetap bisa dilakukan selama 24 jam. Baik melalui akun personal yang gratis maupun akun perusahaan (enterprise). 

Sementara itu, upgrade akun yang disebutkan perusahaan dibanderol dengan harga 9,99 dolar Amerika Serikat per bulan untuk akun individu workspace, setara dengan Rp 150 ribu per bulan. 

Namun aturan penggunaan akun Google upgrade ini baru dihadirkan di lima negara terpilih saja. Bagi penggunanya di Indonesia, harap sabar dan menunggu hingga Google meluncurkan versi akun ini.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya VOI Sumsel.