Presiden Jokowi Bagikan 300 Ribu Paket Obat Terapi COVID-19 Gratis Pekan Ini
Ilustrasi obat (Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG- Pemerintah Indonesia bakal menyalurkan sejumlah 300 ribu paket obat gratis bagi pasien COVID-19 pada pekan ini. Peluncuran paket obat tersebut akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

"Peluncuran paket obat gratis tersebut akan dilakukan oleh Bapak Presiden dalam minggu ini," kata Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi dikutip Antara, Selasa, 13 Juli.

Paket Obat Gratis bagi Pasien COVID-19 Akan Dibagikan Secara Bertahap

Lebih lanjut, Dedy menyampaikan pembagian paket obat COVID-19 akan dilakukan secara gratis dan bertahap kepada masyarakat penderita COVID-19 yang memiliki gejala ringan dan tanpa gejala (OTG).

Paket obat akan disediakan oleh PT Kimia Farma Tbk dengan dukungan TNI. Sementara pembagian paket akan dilakukan oleh Bintara Pembina Desa/Samuder/Angkasa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dengan koordinasi dinas kesehatan dan puskesmas setempat.

Pasine COVID-19 Isoman Bisa Memanfaatkan Layanan Telemedisin Secara Online

Sebelumnya, pemerintah telah menggandeng 11 jasa telemedisin (telemedicine) swasta untuk memberikan pelayanan gratis terhadap pasien COVID-19 dengan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Ada 11 layanan konsultasi kesehatan digital yang bekerja sama dengan pemerintah yaitu Alodokter, Getwell, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, KlikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ dan YesDok.13 Jul 2021 16:37

Aplikasi telekomunikasi tersebut dapat diakses secara gratis oleh masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter untuk memperoleh panduan yang benar mengenai konsumsi obat atau vitamin saat melakukan isoman di rumah.

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa mencari obat yang tersedia di 11 layanan telemedisin ini sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan. Pasien COVID-19 dengan gejala ringan pun tidak perlu mengantre ke rumah sakit dan bisa mendapatkan akses dan layanan medis yang tepat waktu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya VOI Sumsel.