Dinas Pendidkan Sumatera Selatan Resmi Tunda Pembelajaran Tatap Muka
Simulasi kegiatan belajar dan mengajar secara tatap muka di SMA Negeri 17 Palembang. (ANTARA/Riezko Bima EP/21)

Bagikan:

PALEMBANG- Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan membuka program pembelajaran tatap muka (PTM) yang awalnya akan dimulai pada tahun ajaran baru Juli 2021. PTM bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) ditunda sampai kondisi kembali normal.

Riza Fahlevi, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan, tertunda-tunda tertundanya kondisi terkini dari penyebaran COVID-19 di Sumsel, yang mana terdapat tiga kabupaten/kota yang masih berstatus zona merah.

"Ditunda dulu sampai kasus penyebaran COVID-19 melandai," kata dia di Palembang, Rabu, 7 Juli.

Meski demikian, berbagai sarana dan prasarana kesehatan COVID-19 sudah tersedia di setiap sekolah, seperti fasilitas cuci tangan dan alat pengukur suhu tubuh.

Selain itu, pihak sekolah juga membentuk satuan tugas (Satgas) protokol kesehatan untuk memastikan hanya 50 persen dari kapasitas ruang kelas yang digunakan dan kawasan wajib masker.

“Bila kondisi sudah mendukung, pada prinsipnya sekolah sudah siap,” kata dia.

Kegiatan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru 2021 Dilaksanakan Secara Berani

Kepala SMA Negeri 17 Palembang Purwiastuti, kegiatan belajar mengajar semester ganjil yang akan dimulai pada 12 Juli 2021 akan dilaksanakan secara berani. Begitu pula dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau orientasi siswa.

“Masih secara berani, seperti semester sebelumnya,” kata dia.

Peta Zonasi COVID-19 di Sumatera Selatan

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan mengenai penyebaran COVID-19, Rabu (7/7), diketahui tiga daerah yaitu Kota Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Lahat berada dalam zona merah.

Kasus terkonfirmasi positif di Kota Palembang tercatat mencapai 16.067 orang, Kabupaten Lahat 1.230 orang dan Kabupaten Musi Banyuasin 1.783 orang.

Sementara itu wilayah yang berstatus zona oranye antara lain Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Banyuasin, Kota Lubuk Linggau, Penukal Abab Lematang Ilir, Prabumulih, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, dan Pagaralam berada dalam zona oranye (penyebaran). sedang). hujan, Kabupaten OKI, Ogan Ilir dan Empat Lawang berada dalam zona kuning (penyebaran rendah).

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .