Fenomena Matahari Terbit dari Utara di Sulsel, BMKG beri Penjelasan
Ilustrasi Matahari terbit (Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Fenomena ganjil atau tidak biasa terjadi di Jeneponto, Sulawesi Selatan , pada Kamis, 17 Juni. Pada pagi hari, matahari yang umumnya muncul dari timur, tiba-tiba terbit dari utara.

Matahari yang terbit dari utara tersebut menarik perhatian netizen di media sosial. Peristiwa tersebut direkam dalam sebuah video amatir oleh salah satu guru di MAN Binamu, pada Kamis, 17 Juni sekitar pukul 08:00 pagi.

“Saya katakan ini adalah keanehan karena belum pernah melihat mana kebiasaan terbit dari sebelah timur,” ujar lelaki yang merekam peristiwa tersebut.

“Tapi sekarang sudah jam 8 pagi ternyata matahari di posisi utara. Tidak biasa seperti itu.”

Penjelasan BMKG Matahari Terbit dari Timur

Kejadian tersebut dibenarkan oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Makassar. Meski demikian, pihak BMKG menegaskan bahwa matahari sejatinya tetap berada di timur. Ketika Bumi berputar, matahari tampak berada di sebelah utara tanpa melewati garis Khatulistiwa.

Jadi tetap terbit dari timur, tapi perjalanan ke barat dia lewat jalur utara, bisa dikatakan seperti itu,” ujar Risky, pihak BMKG.

Matahari Terbit dari Utara dapat Terlihat di Seluruh Indonesia

munculnya kejadian tersebut bukan yang pertama kali. Biasanya mulai terjadi pada bulan Maret dan puncaknya pada bulan Juni, kemudian berakhir pada bulan September.

Dari Bumi, matahari akan seolah bergerak ke arah barat menjelang datangnya bulan Oktober, November, dan Desember. Selain itu, matahari juga akan terlihat berada di garis Khatulistiwa pada bulan Desember hingga Februari.

Seluruh Indonesia dapat melihat fenomena terbitnya matahari utara  itu pada hari Kamis pagi kemarin.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .