Pemprv Babel Menyiapkan Gudang Pendingin Ikan di Pulau Terluar
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan saat berkunjung ke Pulau Pongok, Minggu. (Antara/Aprionis)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemprov Kepulauan Bangka Belitung sedang menggalakkan peningkatan kualitas tangkapan ikan nelayan di daerahnya. Pihaknya membangun gudang pendingin ikan atau cold storage di pulau terluar Kabupaten Bangka Selatan.

"Saat ini kita sedang mempersiapkan cold storage di Pongok merupakan pulau terluar di provinsi ini," kata Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kepulauan Babel, saat berkunjung ke Pulau Pongok, Minggu.

Hasil Tangkapan Nelayan di Pulau Terluar Sangat Melimpah

Ia mengatakan pembangunan gudang pendingin produk perikanan seperti ikan, cumi, udang dan lainnya, mengingat hasil tangkapan nelayan di pulau terluar ini yang berlimpah sehingga mereka kesulitan menjaga kualitas dan kualitas ikan tangkapannya.

"Kami menargetkan bulan depan gudang ini sudah bisa dioperasikan, sehingga nelayan tidak lagi kesulitan menjaga hasil tangkapannya," ujarnya.

Menurut dia kehadiran Cold Storage bisa menjadi solusi masyarakat nelayan di pulau kecil ini dalam meningkatkan kualitas ikan maupun hasil tangkapan lainnya.

"Ini tentunya dapat meningkatkan kualitas, harga sehingga mendorong kesejahteraan nelayan di pulau ini," katanya.

Pemprov Gelar Sosialisasi KUR Kepada Nelayan Pulau Ponggok

Salah satu nelayan Pulau Pongok Romadi sangat berterima kasih dan menyambut baik program pemerintah provinsi akan membangun gudang pendingin ikan.

"Selama ini kami sangat kesulitan ketika hasil tangkapan ikan melimpah dengan jumlah yang banyak secara otomatis akan berdampak pada turunnya harga ikan. Oleh karena itu, kami sangat berharap gudang ini segera terealisasi,".

Pemprov mengalirkan bantuan BAZNAS sejumlah 500.000 rupiah kepada 100 mustahiq. Selain itu, juga melakukan sosialisasi KUR kepada masyarakat nelayan di Pulau Pongok tersebut. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .