Tes CPNS 2021 Palembang; Pemkot Ajukan 40 Formasi, Apa Saja?
Ilustrasi - ASN (Foto Antara News Bali/kemenpan.go.id)

Bagikan:

PALEMBANG - Pendaftaran Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 bakal dibuka akhir Mei. Para pencari kerja mempunyai kesempatan untuk registrasi mulai 29 Mei hingga batas akhirnya 21 Juni 2021.

Dalam penerimaan CPNS tahun 2021, Pemkot Palembang hanya mengajukan sejumlah 40 formasi ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diajukan pihaknya sebanyak 500 slot.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang Riza Pahlevi, Selasa mengatakan formasi CPNS berkurang drastis dibanding  tahun sebelumnya yang mencapai 400 formasi, sedangkan formasi PPPK masih tetap sama.

"Kuota yang diberikan kementrian sudah kami dapat, namun belum bisa dipublis karena masih menunggu petunjuk kementrian," ujarnya.

40 Formasi CPNS 2021 Kota Palembang

Sebanyak 40 formasi tersebut hampir merata diusulkan dari dinas-dinas dengan dinas kesehatan yang masih mendominasi.

Kuota PPPK paling banyak diajukan untuk formasi guru karena Kota Palembang masih kekurangan tenaga pendidik sehingga diprioritaskan, bahkan menurutnya kota pempek itu masih kekurangan 1.000 tenaga guru.

Sementara ia juga menyebut jumlah guru yang akan pensiun tahun ini berkisar ratusan orang.

Formasi ASN 2021 yang Diajukan Pemkot Palembang Berdasarkan Kebutuhan dan Anggaran

Namun Riza menyatakan formasi yang diusulkan tidak terkait langsung dengan banyaknya jumlah ASN pensiun, melainkan sudah dihitung berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan anggaran.

"Karena seleksi kepanitiaan langsung dari pemerintah pusat jadi pola-pola teknis semuanya dari sana, Palembang hanya administrasi pendaftaran daring saja," kata dia.

Meski pembukaan pendaftaran masih beberapa hari lagi, pihaknya meminta calon peserta agar menyiapkan diri untuk menjalani berbagai tes yang akan diberikan, serta lebih jeli dalam mencari infomasi dengan hanya berpatokan pada laman resmi kementerian.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.