Seleksi CASN Dimulai September 2023, Pemkot Batam Tetapkan 1.100 Formasi
Kepala Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam Hasnah. (Foto via ANTARA/Jessica)

Bagikan:

JAKARTA - Proses seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) akan dilakukan pada September 2023. Pemerintah Kota (Pemkot) Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menetapkan bakal membuka 1.100 formasi.

Sebanyak 1.100 formasi itu akan diperuntukkan bagi tenaga teknis, tenaga kesehatan, dan guru. Kepala Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam Hasnah mengatakan, formasi ini dibuka untuk tenaga honorer dan umum.

"Alhamdulillah Batam mendapatkan 1.100 formasi untuk calon ASN tahun 2023. Jadi silakan yang berminat untuk jadi aparatur negara bisa bersiap diri. Kebutuhan mendasar memang paling banyak di tiga formasi tersebut," kata Hasnah.

Ia menyampaikan pembukaan seleksi administrasi dimulai pada September 2023. "Sekarang namanya sudah bertransformasi. Kalau dulu CPNS, sekarang sudah berganti menjadi CASN (Calon ASN). Tenaga PPPK juga merupakan ASN. Kami harapkan kebutuhan ini bisa terisi dengan maksimal," ujarnya, seperti dinukil dari Antara, Sabtu, 12 Agustus.

Lebih lanjut ia mengatakan terkait dengan dengan petunjuk teknis pembukaan seleksi CASN masih sama dengan tahun sebelumnya. Seluruh berkas diunggah melalui sistem daring yang sudah disediakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

"Untuk itu pusat masih memenuhi usulan yang kami ajukan. Karena kebutuhan itu ada. Jadi persiapkan diri, agar bisa melewati setiap tahap seleksi," imbuhnya.

Dia mengimbau kepada calon peserta yang akan mengikuti seleksi agar mempersiapkan diri menghadapi setiap tahapan seleksi, karena semua berkas harus diunggah serta memastikan setiap dokumen telah sesuai ketentuan.

"Harapan kami tentu formasi yang diberikan pusat ini bisa terisi dan bisa memperkuat kinerja Pemkot Batam di bidang pemenuhan sumber daya manusia," kata Hasnah.

Kementerian PAN-RB menetapkan sebanyak 572.496 formasi pada penerimaan calon aparatur sipil negara (ASN) pada tahun 2023.

Menteri PAN-RB Azwar Anas menyebutkan jumlah tersebut untuk formasi pada 72 instansi dengan pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN dan pemerintah daerah 493.634 ASN.

Alokasi formasi CASN untuk pemerintah pusat sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK, katanya.

Adapun di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK guru, 154.724 PPPK tenaga kesehatan, dan 42.826 PPPK teknis. Proses seleksi akan dimulai pada September 2023.