Aksi Peringatan Hari Buruh di Monas, Peserta Ikuti Tes Usap Antigen
Sejumlah peserta aksi buruh mengikuti tes usap antigen yang disediakan Biddokes Polda Metro Jaya (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Peringatan hari buruh selalu diwarnai dengan aksi May Day seperti biasanya. Pada hari buruh kali ini para pekerja dan sejumlah masyarakat melakukan aksi di Kawasan Silang Monas, Merdeka Barat Daya dan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Rombongan peserta aksi peringatan hari buruh menjalankan tes usap antigen. Tes tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-29.

"Tes ini untuk mengetahui kondisi tubuh kita apa mengandung virus COVID-19 atau tidak sehingga kita sama-sama menjaga," tutur Cecep Sabarudin, seroang peserta aksi dari mahasiswa, di Jakarta, Sabtu, 1 Mei.

Polda Siapkan Dua Tenda untuk Tes Usap Antigen

Tak hanya kalangan mahasiswa, sejumlah peserta dari kalangan buruh juga ikut tes antigen. Mereka tertib antre mendaftar dan mengikuti tes usap antigen. Penyediaan fasilitas tes usap antigen itu dilaksanakan oleh Bidang Kedokteran Kesehatan Polda Metro Jaya.

Polda Metro Jaya menyediakan dua tenda untuk tes usap antigen yakni di Silang Monas dan Patung Kuda tepatnya di depan gedung Indosat. Satu tenda dilayani oleh dua orang tim medis dan beberapa personel Biddokes Polda Metro Jaya.

Aksi Hari Buruh di Monas Dilakukan oleh Serikat Pekerja dan Mahasiswa

Peringatan Hari Buruh di kawasan Monas itu diikuti oleh perwakilan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) serta perwakilan mahasiswa dalam BEM Seluruh Indonesia.

Beberapa perwakilan buruh dan mahasiswa menyampaikan orasinya dalam peringatan Hari Buruh di antaranya mencabut dan membatalkan UU Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan karena dinilai merugikan buruh.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.