Ribuan Massa Elemen Buruh Mulai Padati Kawasan Patung Kuda Monas, Selain Tuntut Pencabutan Omnibus Law UU Cipta, Buruh Juga Minta Naik Gaji Tahun 2024
Masa demo buruh menyemut, mereka menerikakkan tunutan agar UU Omnibus Lay dicabut. (Rizky Sulistyo VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ribuan massa dari elemen buruh gabungan mulai memadati area patung kuda Monas, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 2 Oktober, siang. Dengan lantang, kordinator aksi melontarkan sejumlah tuntutan dari atas mobil komando melalui alat pengeras suara.

Para peserta aksi unjukrasa juga dilengkapi berbagai atribut, mulai dari seragam kelompok buruh, bendera, spanduk hingga berbagai poster tuntutan. Mereka terlihat antusias menyampaikan pendapat dibawah panasnya terik matahari.

Sesekali, dari atas mobil komando juga memutarkan musik revolusi dan kopi dangdut. Selain itu, aksi unjukrasa juga diselipkan pembacaan puisi tentang nasib buruh.

"Tuntutan kami, mencabut undang-undang no.6 tahun 2023 tentang cipta kerja, wujudkan upah layak nasional sesuai konsep aliansi aksi sejuta buruh (AASB) dan wujudkan jaminan sosial semesta sepanjang hayat," kata salah satu peserta buruh di kawasan Patung Kuda Monas, Jakarta Pusat, Senin, 2 Oktober.

Dari pantauan VOI, aksi unjukrasa ribuan buruh terlihat aman dan kondusif. Para peserta aksi terlihat ceria dan berjoget diiringi berbagai musik perjuangan kaum buruh di hadapan mobil komando yang berada di depan barikade kawat berduri Jalan Medan Merdeka Barat, tepatnya arah Istana Negara.

Aksi unjukrasa kali ini diikuti oleh kalangan buruh pria dan wanita. Bahkan, buruh wanita terlihat antusias menyampaikan tuntutan yang tertuang di dalam poster yang telah disiapkan. "Batalkan Omnibuslaw UU Cipta Kerja" dan "Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja No 6 Tahun 2023, Naikan Upah Tahun 2024 Sebesar 15%".

Sementara, arus lalu lintas terpantau normal lancar di sekitar kawasan Monas meskipun terdapat aksi unjukrasa dari massa buruh. Aksi unjukrasa berjalan aman dan kondusif.

Sebelumnya diberitakan, Polres Metro Jakarta Pusat mulai melakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Patung Kuda Monas, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 2 Oktober. Pengalihan arus lalin ini dilakukan jelang aksi unjukrasa jutaan massa buruh di kawasan Patung Kuda Monas.

"Pengalihan arus lalu lintas hanya di (dua jalur) Jalan Medan Merdeka Barat," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin kepada VOI, Selasa, 2 Oktober.