52 Pemudik Ditolak KAI Palembang karena Belum Melakukan Vaksin COVID-19
Loket kereta api (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Sebanyak 52 orang pemudik perjalanan kereta api jarak jauh ditolak keberangkatannya oleh PT KAI Divisi Regional III Palembang, Sumatera Selatan karena belum menjalani vaksin COVID-19.

Aida Suryanti, Kabag Humas PT KAI Divre III Palembang, mengatakan penolakan keberangkatan pemudik tersebut dilakukan KAI Divre III Palembang masa angkutan transportasi mudik Lebaran 2022 mulai dari H-10 atau 22 April hingga H+10 atau 13 Mei 2022.

“Selama periode angkutan Lebaran tersebut KAI Divre III mencatat 52 pemudik ditolak keberangkatannya karena belum divaksin, sakit dan tidak melengkapi persyaratan lain, mereka dipersilakan untuk mengajukan tiketnya,” kata Aida Suryanti dalam keterangan di Palembang, Minggu.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk konsistensi menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu aturan lalu lintas mudik yang telah ditetapkan pemerintah untuk memitigasi penyebaran COVID-19.

Meski demikian tetap tetap menyediakan sentra vaksinasi COVID-19 dan pemeriksaan antigen usap di stasiun keberangkatan.

“Layanan itu berjalan efektif selama periode angkutan tersebut ada 471 pemudik yang melaksanakan vaksinasi dan 6.039 peserta melakukan tes usap antigen di stasiun,” kata dia.

Penggunaan Moda Transportasi di Palembang pada Saat Lebaran 2022

Menurut Aida, selama masa angkutan Lebaran 2022 pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api jarak jauh total 53.730 orang.

Para pemudik tersebut menggunakan tiga kereta api yang dioperasikan masing-masing kereta api (KA) Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau, KA relasi Rajabasa Kertapati-Tanjung Karang dan KA komersial Sindang relasi Marga Kertapati-Lubuklinggau.

"Selama 22 hari itu ada 53.730 pemudik dengan okupansi 102 persen dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan, yaitu 52.798," ujarnya.

Puncak Arus Balik Perjalanan Kereta Api

Di mana, puncak arus mudik terjadi pada H-3 atau Jumat (29/4) sebanyak 2.876 orang pemudik. Lalu sebanyak 3.044 orang untuk puncak arus balik yang terjadi pada H+5 atau Sabtu (8/5).

“Seluruh perjalanan kereta api berjalan lancar dan selamat,” kata dia, PT KAI terus konsisten membangun kolaborasi dengan semua pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi masyarakat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.