Macan Dahan Masuk Kamar Mandi Warga; Tim BKSDA Butuh Waktu Tiga Jam untuk Evakuasi
Macan dahan (neofelis diardi) (Foto: ANTARA)

Bagikan:

PALEMBANG - Rabu, 28 April, Unan (34), seorang warga dari Rimbo Batu Jorong Koto, Nagari Anam Koto Utara, Padang menemukan hewan mirip harimau masuk ke rumahnya. Unan yang menyangka predator tersebut adalah harimau suamtera kemudian melaporkannya kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam.

Setelah menerima laporan tersebut, tim BKSDA langsung bergerak ke lokasi. Mereka segera, satpam liar yang berada di dalam kamar mandi.

"Benar kita melakukan evakuasi dari rumah warga bernama Unan (34) warga Rimbo Batu Jorong Koto Padang, Kinali pada Rabu, 28 April kemarin," tutur Ade Putra, Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumbar , di Simpang Empat, Kamis, 29 April. 

BKSDA Butuh Waktu Tiga Jam untuk Evakuasi Macan Dahan

Tim BKSDA Sumbar berhasil melakukan evakuasi satwa karnivora tersebut. Pihaknya menerangkan bahwa hewan tersebut merupakan satwa langka dan dilindungi, yakni jenis macan dahan (neofelis diardi).

"Benar kita melakukan evakuasi macan itu dari rumah warga bernama Unan (34) warga Rimbo Batu Jorong Koto Padang, Kinali pada Rabu, 28 April kemarin," katanya.

"Butuh waktu tiga jam tim BKSDA bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek Kinali dan warga baru dapat menggiring satwa itu dilindungi ke kandang yang sudah disiapkan," ujarnya.

Macan Dahan Berasal dari Kaki Gunung Pasaman

Ia menyebutkan binatang itu diduga masuk ke rumah warga setelah berkelahi dengan jenisnya. Kemudian terjebak di dalam kamar mandi.

Hasil uji lapangan satwa itu diduga berasal dari kawasan hutan lindung di kaki gunung Pasaman yang berjarak 700 meter dari lokasi kejadian.

Macan Dahan Dibawa ke Resor KSDA Agam

Evakuasi disaksikan puluhan warga yang ingin melihat satwa langka itu sehingga petugas telah membubarkan warga untuk memperlancar aktivitas evakuasi. Selanjutnya, satwa dibawa tim BKSDA ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk diobservasi.

Pihaknya memberikan terima kasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas Nagari Anam Koto Utara, Polsek Kinali dan warga setempat yang telah membantu upaya evakuasi hewan itu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini sebelumnya telah tayang di VOI