Pemkot Palembang Kampanyekan Gemari; Konsumsi Ikan Penting Bagi Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak
Kegiatan kampanye gemar makan ikan sinergi KKP, DPR RI dan Pemkot Palembang . (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Bagikan:

Pemkot Palembang, Sumatera Selatan, ajak warganya yang tersebar di 107 kelurahan untuk gemar makan ikan. Kampanye tersebut untuk mendukung program Gerakan Makan Ikan (Gemari) yang digembork-gemborkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Kami terus berupaya menggalakkan kampanye gemar makan ikan ke seluruh warga kota untuk menyukseskan Program Gemari KKP dan mempertahankan tingkat konsumsi ikan yang sudah sudah cukup tinggi sekitar 44 kilogram per kapita per tahun," tutur Ratu Dewa, Sekda Palembang, melansir dari Antara.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kampanye tersebut sangat diperlukan untuk menanamkan kesadaran masyarakat akan kandungan gizi yang terdapat dalam ikan. Dengan begitu masyarkat menjadi tahu bahwa ikan mengandung protein yang kaya dan mineral bagi kesehatan.

"Asam lemak omega tiga dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan, berdasarkan hasil penelitian para ahli dijelaskan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah," ucapnya.

Pemkot Palembang Mendorong Peningkatan Produksi Ikan

Tak cuma melakukan kampanye Gemari, pihaknya juga mendorong peningkatan produksi ikan. Hal itu perlu dilakukan agar tingkat konsumsi dan kebutuhan pangan berjalan dengan seimbang.

Apabila produksi meningkat, maka pasar-pasar di Kota Palembang akan mempunyai persediaan ikan dalam jumlah banyak. Sehingga masyarakat tidak perlu takut kehabisan kebutuhan ikan.

Ia juga menjelaskan bahwa pola konsumsi yang meningkat, namun tidak dibarengi dengan penambahan jumlah produksi maka masalah akan muncul. Jika kedua pola tersebut tidak seimbang, dapat menimbulkan kenaikan harga ikan. Jika sudah begitu warga pasti akan pikir-pikir untuk membeli ikan.

Kampanye Gemari Bertujuan Mengedukasi Masyarakat

Innes Rahmania, Direktur Logistik KKP, pada Jumat 2 April membersamai anggota DPR RI Komisi IV Sumsel, Renny Astuti melakukan safari Gemari. Dalam acara tersebut pihaknya menyatakan akan terus menjalin sinergi dengan Pemda untuk menggalakan program Gemari.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, serta mendorong mereka gemar makan ikan. Dengan begitu diharapkan masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya asupan bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Asam Lemak Omega Baik untuk Kesehatan Mental

Ikan termasuk makanan sehat dengan kadar lemak jenuh yang rendah, proteinnya tinggi,  kaya vitamin, nutrisi, dan mineral yang penting bagi kesehatan. Kandungan bagus yang lainnya adalah adanya asam lemak omega tiga.

Asam lemak omega tiga yang terkandung pada minyak ikan bermanfaat mengurangi depresi dan kecemasan. Sebuah riset yang dilakukan ahli menyebutkan bahwa masyarakat yang senang makan ikan, punya tingkat depresi yang lebih minim.

Kandungan Gizi pada Ikan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang anak sangat memerlukan kandungan gizi pada. Kandungan di dalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentan sakit.

Konsumsi ikan juga sangat baik dilakukan saat kondisi pandemi COVID-19. Sebab kandungan di dalamnya dapat menambah ketahanan tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus Corona jenis baru itu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.