Imigrasi Palembang Luncurkan  "Eazy Passport"  Jemput Bola bagi Pelajar yang Ingin Membuat Paspor
Foto dari Antara

Bagikan:

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sumatera Selatan, meluncurkan program yang untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan paspor. Program pelayanan tersebut bernama “eazy passport”.

Easy passport menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen keimigrasian di masa pandemi COVID-19, khususnya pelajar. Selain itu, program ini juga memudahkan mereka yang tidak bisa datang ke kantor imigrasi pada hari kerja. Sistem jemput bola digunakan dalam pelayanan paspor tersebut.

Sasaran utamanya adalah pelajar terutama yang akan mengikuti tes IELT. Kemudian guru dan orang tua siswa untuk persiapan wisata pendidikan dan kegiatan lainnya di luar negeri. Hal itu diungkapkan oleh Azwar Anas, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Palembang.

"Kegiatan pelayanan eazy passport kali ini dilakukan di Ignatius Global School Palembang terutama untuk pelajar yang akan mengikuti

tes IELTS," tutur Aswar, Kamis 18 Maret.

Lebih lanjut ia mengungkapkan pelayanan easy passport akan diperuntukkan bagi108 pemohon. Rincian penerimanya, yakni 12 pemohon baru dan 96 pemohon penggantian atau yang habis masa berlaku paspornya.

Pelayanan Paspor di Era New Normal

Azwar menyampaikan, pelayanan dengan sistem jemput bola secara kolektif tersebut dijalankan atas inisiasi Ketua Yayasan Ignatius Global School, Djony. Kegiatan pelayanan juga dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

Sesuai dengan intruksi Dirjen Keimigrasian Kemenkumham, inovasi  layanan keimigrasian "eazy passport" dijalankan untuk mendongkrak kinerja pelayanan di era normal baru.

"Layanan eazy passport ini sangat diapresiasi oleh pemohon karena mereka mendapat kemudahan tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi serta mengurangi risiko penularan virus corona dalam masa pandemi sekarang ini," katanya.

Pengembangan dari Program Paspor Simpatik

Layanan eazy passport merupakan pengembangan dari program paspor simpatik yang diadakan pada momentum tertentu setiap akhir pekan. Imbuh Triman, Kasilantaskim Imigrasi Palembang.

Program paspor simpatik yang telah dijalankan sebelumnya, bertujuan memberi pelayanan yang memudahkan masyarakat pekerja. Mereka yang ingin mengurus paspor dapat melakukannya di akhir pekan.

Untuk teknis pelayanan eazy passport, instansi pemerintah dan swasta, BUMN, perumahan, lingkungan pendidikan seperti sekolah, pesantren, asrama, kampus perguruan tinggi serta lingkungan organisasi atau komunitas diminta untuk melayangkan permohonan ke Kantor Imigrasi Palembang.

Triman juga mengatakan, kelompok masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, pegawai instansi pemerintah dan swasta di wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang meliputi Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Prabumulih dapat mengajukan permintaan pelayanan eazy passport.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.