Ekspor Babel Melalui Pelabuhan Luar Daerah Meningkat 72,77 Persen pada Juni, Kenaikan Pengiriman Timah dan Nontimah
Pelabuhan eskpor (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kegiatan ekspor komoditas timah dan nontimah Provinsi Kepualauan Bangka Belitung melalui pelabuhan luar daerah mengalami peningkatan pada Juni 2022. Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan kenaikan eskpor tersebut senilai 231,76 juta dolar AS atau naik 72, 77 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Ekspor yang dimuat melalui pelabuhan luar ini lebih besar dibandingkan pelabuhan di Bangka Belitung," kata Kepala BPS Babel Toto Haryanto Silitonga di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mencatat ekspor Kepulauan Babel ang melalui pelabuhan di luar Babel pada Juni 2022 mencapai 231,76 juta dolar AS terdiri dari ekspor timah 226,55 juta dolar AS dan nontimah 5,21 juta dolar AS.

"Ekspor komoditas Babel yang dimuat melalui pelabuhan di luar daerah ini mengalami kenaikan 72,77 persen, terdiri dari kenaikan ekspor timah 76,53 persen dan penurunan ekspor nontimah 10,35 persen," katanya.

Kegiatan Ekspor Melalui Pelabuhan Muat di Bangka Belitung

Ia mengatakan kegiatan ekspor melalui pelabuhan muat di Bangka Belitung sebesar 55,16 juta dolar AS yang terdiri dari ekspor timah 36,31 juta dolar AS dan ekspor nontimah sebesar 18,85 juta dolar AS.

"Ekspor yang dimuat melalui pelabuhan Babel pada Juni tahun mengalami kenaikan sebesar 42,97 persen, dipicu oleh kenaikan ekspor nontimah sebesar 380,17 persen," ujarnya.

Menurut dia, perbedaan ekspor kedua pelabuhan terlihat apabila dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (Juni 2021). Ekspor Bangka Belitung yang dimuat melalui pelabuhan Babel mengalami penurunan sebesar 69,33 persen, sedangkan ekspor yang dimuat melalui pelabuhan di luar Bangka Belitung meningkat 4.125,04 persen.

"Komoditas timah yang dimuat melalui pelabuhan Bangka Belitung mengalami penurunan 78,32 persen dan nontimah meningkat 52,66 persen," katanya.

Kegiatan Ekspor Komoditas Bangka Belitung Melalui Pelabuhan Luar Daerah

Sementara itu pada pelabuhan di luar Kepulauan Bangka Belitung, kedua komoditas meningkat masing-masing sebesar 26.949,36 persen dan 12,13 persen.

"Berdasarkan pelabuhan muatnya, terdapat perbedaan antara nilai ekspor asal Bangka Belitung yang dimuat di dalam dan luar pelabuhan Babel yang cukup tinggi," katanya. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.