BPBD OKU Menghimbau Warga Dua Kecamatan untuk Waspada Ancaman Bencana Alam
Banjir di OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Warga dua kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, diminta oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor. Bencana alam rawan terjadi pada puncak musim hujan yang diprediksi berlangsung pada akhir Juli 2022.

Gunalfi, Manajer Pusdalops BPBD OKU, menyampaikan berdasarkan peringatan dini dari BMKG selama beberapa pekan kedepan sejumlah wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel) akan diguyur hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana alam.

Termasuk Kabupaten OKU saat ini berada di level siaga menghadapi bencana banjir dan tanah longsor khususnya di dua kecamatan yaitu Kecamatan Pengandonan dan Muara Jaya.

Daerah Rawan Banjir di OKU

Menurut dia, level siaga ditetapkan mengingat dua kecamatan ini merupakan daerah rawan banjir dan tanah longsor karena berada di dataran tinggi dan dekat dengan bantaran sungai.

"Apalagi kalau hujan lebat dan berlangsung lama dikhawatirkan terjadi banjir bandang seperti tahun lalu," katanya.

Oleh sebab itu, masyarakat di daerah itu khususnya di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana alam agar tidak menimbulkan korban jiwa.

"Untuk Kecamatan Pengandonan merupakan daerah rawan longsor bebatuan dari atas bukit sehingga masyarakat harus berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah," tegasnya.

Posko Penanggulangan Bencana di OKU

Sebagai upaya antisipasi, kata dia, pihaknya telah mendirikan posko penanggulangan bencana dan menyiagakan personel agar banjir dan tanah longsor dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"Sebenarnya posko ini sudah lama kami bentuk. Hanya saja, memasuki puncak musim hujan posko lebih dioptimalkan lagi agar penanggulangan bencana alam dapat tertangani secara maksimal," demikian Gunalfi.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.