Pemkot Palembang Minta Warga Aktif Menggunakan Pojok BPOM untuk Mencegah Makanan Berbahaya
Aktivitas pasar tradisional di Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, diminta oleh pemkot setempat untuk menggunakan pojok BPOM yang ada di sejumlah pasar tradisional. Hal itu ditujukan untuk mencegah peredaran bahan pangan mengandung bahan kimia berbahaya atau formalin yang dapat mengganggu kesehatan.

Fitrianti Agustinda, Wakil Wali Kota Palembang, menilai BPOM yang disediakan di sejumlah pasar tradisional belum banyak dimanfaatkan warga Kota Palembang untuk melakukan pengecekan apakah pangan yang dibeli mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan atau aman dikonsumsi.

"Warga terutama ibu-ibu rumah tangga yang biasa belanja ke pasar selalu mengecek keamanan konsumsi bahan makanan yang dibeli untuk mencegah peredaran pangan mengandung formalin dan bahan kimia berbahaya lainnya," kata Fitrianti Agustinda, di Palembang, Senin.

Pemanfaatan Pojok BPOM di Palembang 

Untuk meningkatkan pemanfaatan pojok BPOM agar bahan pangan yang beredar di pasar terbebas dari formalin dan bahan kimia berbahaya lainnya, jangan terus melakukan sosialisasi.

Selain memaksimalkan fungsi pojok BPOM yang disediakan di pasar tradisional, untuk melakukan pengawasan peredaran pangan yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan warga, tim Pemkot Palembang bersama BPOM setempat turun ke pasar secara acak.

Pemkot Palembang Bersama BPOM Sidak Secara Bergilir di Pasar Tradisional

Tim sewaktu-waktu melakukan inspeksi (sidak) secara bergilir di 41 pasar tradisional yang tersebar di wilayah 18 kecamatan. Melalui pemanfaatan pojok BPOM dan intensifnya sidak tim gabungan ke pasar tradisional, diharapkan tidak ada celah bagi produsen/pedagang yang mengedarkan bahan pangan yang tidak layak konsumsi itu, demikian Fitrianti Agustinda.

Dalam sidak, masih sering menemukan beberapa jenis makanan yang mengandung pengawet dan pewarna berbahaya bagi kesehatan seperti mi, tahu, dan terasi.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.