Cegah Penyebaran DBD, Dinkes Bangka Barat Ajak Masyarakat Bersih Lingkungan
Pengasapan mencegah nyamuk (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Warga masyarakat Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diajak oleh Dinas Kesehatan setempat untuk membersihkan lingkungan yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Langkah tersebut digalakkan untuk mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah (DBD).

"Untuk saat penyebaran kasus DBD masih menjadi salah satu perhatian kita, selain dalam penanganan pandemi COVID-19," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan sejak Januari hingga April 2022 di Kabupaten Bangka Barat ditemukan sebanyak 214 kasus dan untuk bulan ini terdata satu kasus DBD.

"Dari sebanyak 214 kasus selama empat bulan awal tahun ini, sebanyak 45 kasus terjadi pada April, sedangkan bulan ini terdata satu kasus," ujarnya.

Edukasi Pencegahan Penyakit DBD

Sebagai salah satu upaya antisipasi penyebaran DBD, pemkab bersama seluruh pemangku kepentingan, kelompok swadaya, dan para kader yang tersebar di desa-desa terus memberikan sosialisasi dan edukasi agar warga ikut berperan aktif dalam upaya pencegahan.

Putra Kusuma mengimbau setiap keluarga proaktif dan memastikan tidak ada tempat berkembang biak nyamuk dan pemberantasan jentik di rumah masing-masing.

"Pastikan juga lingkungan sekitar tempat tinggal, lingkungan sekolah dan tempat bermain anak-anak bersih, karena faktor kebersihan lingkungan ini menjadi hal utama dalam upaya pencegahan," katanya.

Pengasapan Tidak Efektif Membunuh Nyamuk Dewasa

Menurut dia, upaya pengasapan dinilai tidak efektif karena hanya membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentik hanya bisa membersihkan sarang atau lingkungan sekitar.

"Pembersihan sarang nyamuk secara mandiri adalah kunci penanggulangan DBD, pastikan tidak ada tempat berkembang biak nyamuk di dalam dan sekitar. Gerakan ini harus dilakukan secara menyeluruh agar warga terhindar dari DBD," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.