740 Ekor Sapi di Bangka Tengah Telah Sembuh dari PMK, Ketersediaan Hewan Kurban Aman
Sapi di peternakan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 740 ekor sapi yang sebelumnya terkena penyakit mulut dan kaki dinyatakan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah sembuh dari PMK.

"Dari 800 ekor sapi yang terserang PMK, tercatat 740 ekor sudah sembuh dan masih tersisa 60 ekor dalam tahap penyembuhan," kata Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, sebanyak 60 ekor sapi yang masih terserang PMK tersebar di beberapa kecamatan dan saat ini dalam pengawasan medis oleh dokter hewan.

"Sebelumnya memang banyak ditemukan sapi terserang PMK, namun kita cepat mengantisipasi sehingga juga cepat sembuh," kata Sajidin. 

Ketersediaan Sapi Kurban di Bangka Tengah

Ia mengatakan, tim medis terus memantau kondisi hewan ternak di lapangan terutama jenis sapi yang akan dijadikan hewan kurban.

"Ketersediaan kurban di Bangka Tengah aman dan sudah diperiksa, baik dari pendistribusian dari luar daerah ke Bangka Tengah sampai hewan ternak berada di kandang peternak," jelas Sajidin.

BACA JUGA:


Vaksinasi Hewan Ternak di Bangka Tengah

Pihaknya juga sudah melakukan vaksinasi terhadap 200 hewan ternak yang tersebar di Bangka Tengah.

Sebanyak dua dokter hewan akan mendatangi dan menyatukan kesehatan hewan kurban yang dipotong di setiap masjid.

"Bakal kita kawal seperti biasa, yang mana kami tugaskan sekitar satu sampai dua dokter hewan di setiap masjid," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.

Terkait