Pemprov Babel Jamin Stok Hewan Kurban Tercukupi Menjelang Idul Adha
Persiapan sapi untuk Iduladha di Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Stok hewan kurban dan daging untuk Hari Raya Iduladha 2022 dipastikan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung tercukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggi.

Ridwan Djamaluddin, Pejabat (PJ) Gubernur Babel, mengungkapkan saat ini persediaan sapi dan kambing kurban di pedagang dan peternak sebanyak 4.734 ekor sapi dan 7.128 ekor kambing, sehingga dapat dipastikan persediaan hewan kurban tahun ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saat ini persediaan sapi kurban di pedagang dan peternak masih banyak, sehingga masyarakat tidak perlu kuatir," kata Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Kamis.

"Kebutuhan sapi untuk Idul Adha tahun lalu sebanyak 4.520 sapi, sementara stok sapi yang ada sekarang lebih dari kebutuhan tahun lalu," katanya.

Kebutuhan Daging di Bangka Belitung Menjelang Iduladha 2022

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel Judnaidy memastikan kebutuhan daging maupun hewan kurban lainnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H masih dalam kondisi aman.

"Saat ini kita belum menerima laporan dari masyarakat yang kesulitan mendapatkan hewan kurban," ujar Ridwan.

Pedagang sapi di Koba Bangka Tengah H Samud mengatakan, pasokan sapi di tempatnya sudah normal.

"Sekarang sapi sudah mulai masuk dan normal kembali, dimana sebelumnya hanya masuk 40 sapi karena wabah PMK, namun sekarang kembali normal yaitu mencapai 180 ekor," jelasnya.

Stok Sapi Kurban di Bangka Belitung Dipastikan Aman untuk Dikonsumsi

Ia juga memastikan stok sapi kurban dan juga konsumsi aman sampai Idul Adha dan harga relatif stabil.

"Persediaan sapi kurban dan daging sapi untuk kepentingan Hari Raya Idul Adha relatif aman dan dipastikan bebas PMK," kata Ridwan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.