Pertemuan Jokowi dengan Presiden Zelensky Telah Tuntas, Bakal Bawa Pesan ke Vladimir Putin
Presiden Joko Widodo beserta rombongan bersiap menaiki kereta luar biasa dari Stasiun Central Kyiv, Ukraina, pada Rabu (29/6/2022), untuk melakukan perjalanan kembali ke Polandia (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bagikan:

PALEMBANG - Pertemuan anatara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Ukraina Zelensky sudah usai. Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, serta para rombongan kembali melakukan perjalanan ke Polandia.

Presiden Jokowi bersama para delegasi menumpangi kereta luar biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat, dilansir Antara, Rabu, 29 Juni. Kereta tersebut dijadwalkan tiba di Stasiun Przemysl Glowny, Przemysl, Polandia, keesokan harinya.

Setibanya di Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan dijadwalkan langsung menuju ke Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka untuk melanjutkan lawatan ke Moskow, Rusia.

Jokowi Melihat Invasi Militer Rusia Terhadap Ukraina 

Sebelumnya, dalam rangkaian lawatan di Ukraina, Presiden Jokowi sempat meninjau sejumlah bangunan apartemen di Kota Irpin yang rusak akibat perang yang dipicu oleh invasi militer Rusia sejak 24 Februari 2022.

Selain itu, Presiden bersama Ibu Negara juga menyampaikan bantuan kemanusiaan dari Indonesia kepada Ukraina yang diserahkan secara simbolik kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv.

Jokowi Bawa Pesan Zelensky kepada Vladimin Putin

Presiden Jokowi kemudian disambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, dan sempat menawarkan diri apabila ada pesan yang ingin disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers bersama Presiden Zelenskyy.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam lawatan misi perdamaian ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.