Puan Maharani Adakan Operasi Katarak Gratis 1.000 Orang di Pangkalpinang Bangka Belitung
Puan Maharani buka operasi katarak gratis di Pangkalpinang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Puan Maharani, Ketua DPR RI, membuka program operasi katarak gratis kepada sebanyak 1.000 orang kurang mampu di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan operasi katarak tersebut diselenggarakan di Yayasan Rudi Center dan DPD PDI Perjuangan.

"Alhamdulillah, kita semua dapat berkumpul dalam kegiatan operasi katarak kepada 1.000 warga Bangka Belitung," kata Puan Maharani di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan anugerah untuk melihat melalui mata adalah salah satu anugerah yang luar biasa dari Yang Maha Kuasa. Dengan mata dapat melihat indahnya dunia.

"Saya mendapat informasi bahwa di Bangka Belitung tingkat kebutaannya mencapai 3 persen dan 85 persen akibat katarak," ujarnya.

Penderita Katarak di Bangka Sangat Tinggi

Menurut dia, Bangka itu prevalensi penderita katarak sangat tinggi. Setiap hari rata-rata ada 20 pasien operasi katarak di dua rumah sakit di sini yang memiliki fasilitas operasinya. Tetapi memang biaya operasi katarak tidak bisa dijangkau oleh banyak orang.

PDI Perjuangan Selenggarakan Operasi Katarak Gratis di Bangka Belitung

Oleh karena itu, PDI Perjuangan seperti partai pembela wong cilik, partai yang membantu rakyat, mengadakan katarak gratis hari ini di Bangka Belitung yang pesertanya mencapai sekitar 1.000 orang.

"Ini adalah program rutin tahunan yang diadakan PDI Perjuangan di Bangka Belitung Yang Ya Tuhan karena pandemi COVID-19 dua tahun kemarin menjadi susah dilaksanakan," katanya.

"Alhamdulillah kegiatan ini sudah bisa dimulai kembali dan dokter spesialis mata-nya langsung didatangkan dari Bandung dan turut bergotong-royong dengan berbagai pihak termasuk Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.