Polda Sumsel Perketat Pengawasan Kendaraan Angkutan Barang Kelebihan Muatan Menggunakan Aplikasi ODOL
Pengawasan kendaraan angkutan barang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengawasan aktivitas kendaraan angkutan barang yang over dimension over loading atau kelebihan muatan diperketat oleh Polda Sumatera Selatan. Pihaknya membuat sistem aplikasi berbasis digital untuk melakukan pengawasan.

Irjen Pol. Toni Harmanto, Kapolda Sumsel, menyampaikan ruang gerak kendaraan ODOL di Sumsel akan dipersempit dengan penerapan sistem aplikasi digital tersebut.

Pada pelaksanaannya kepolisian mengkoneksikan semua perangkat kamera Elektronic Traffic Law Enforcement  ( ETLE )  dan kamera pengawas lain yang tersebar di setiap kabupaten dan kota pada sistem aplikasi terbarukan itu. 

Penindakan Kendaraan Angkutan Barang Menggunakan Aplikasi ODOL

Dengan demikian, kata dia, aparat kepolisian dapat dengan mudah melakukan pengawasan termasuk penindakan bila ditemukan ada kendaraan angkutan barang ODOL masuk ke Sumsel.

“Aplikasi ini kami koneksikan sistem ETLE yang perangkatnya sudah tersedia. Kami pun menyadari untuk mengetahui spesifikasi kendaraan dan sebagainya. Kendaraan yang melintas (ODOL) terekam di sana dengan mudah terlihat panjang dan lebarnya,” kata dia, kemudian dilakukan penindakan sesuai Undang-Undang dan Peraturan Daerah terkait kendaraan angkutan barang dan jasa.

Aplikasi ODOL untuk Mengawasi Aktivitas Kendaraan Angkutan Barang

Menurutnya, pengoperasian aplikasi ODOL Polda Sumsel itu direncanakan mulai efektif pada Juli 2022 berbarengan dengan tiga aplikasi lainnya saat ini sedang pada tahap pematangan karena nantinya juga akan melibatkan seluruh instansi pemerintahan dan TNI di 17 kabupaten/kota.

Ketiga aplikasi lainnya itu adalah sistem pemetaan elektronik (Banghutbun), Patroli Gabungan (e-Patroli), dan laman internet Rekam Medik Tahanan.

 “Kami berharap melalui aplikasi ini memberikan kemudahan, kesederhanaan, dan kecepatan proses pengawasan dan keamanan terkait permasalahan itu (ODOL, sengketa lahan infrastruktur jalan dan jembatan) tidak terus menerus berkepanjangan,” katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.