Sidang Isbat Penetapan Iduladha 2022, Kemenag Gelar Dua Sesi pada 29 Juni
Kementerian Agama (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sidang penetapan Idul Adha dan tanggal awal Zulhijah dilakukan oleh Kementerian Agama pada 29 Zulkaidah 1443 Hijriah atau Rabu, 29 Juni 2022. Sidang isbat dilakukan di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Adib, Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, mengatakan penyelenggaraan sidang isbat awal Zulhijah pada 29 Juni 2022 untuk menetapkan Idul Adha 1443 H. Ini merupakan layanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaksanaan ibadah terkait Bulan Zulhijah, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa 14 Juni.

Pelaksanaan Sidang Isbat Penentuan Iduladha 2022

Mantan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat ini mengatakan pelaksanaan sidang isbat merupakan bagian penting dari tugas Kemenag, khususnya Ditjen Bimas Islam. Karenanya, dia meminta semua pihak yang terlibat untuk mempersiapkan diri secara maksimal.

"Belajar dari sidang isbat yang sudah kita laksanakan, yaitu sidang isbat awal Ramadhan dan sidang isbat awal Syawal, meski resonansi sidang isbat awal Zulhijah tidak sidang sidang-sidang tersebut, tapi tetap perlu persiapan yang maksimal," kata dia.

BACA JUGA:


Pelaksanaan Sidang Isbat Kementerian Agama Dilakukan Dua Sesi

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag Ismail Fahmi menjelaskan sidang sidang awal Zulhijah akan terbagi dalam tiga tahap.

Sesi pertama akan dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijah 1443 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Sesi kedua, sidang isbat yang dimulai setelah Maghrib, serta dimulai dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil  rukyatul hilal  dari nomor titik yang ditentukan di Indonesia.

"Sesi ketiga, pengumuman hasil Sidang Isbat Awal Zulhijah yang langsung dibagikan oleh TVRI sebagai TV Pool dan  live streaming  medsos Kemenag," kata Ismail.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.

Terkait