Ketua DPRD Bangka Berharap Muara Air Kantung Jelitik Segera Dikeruk, Pendangkalan Menghambat Aktivitas Nelayan
Muara Air Kantung Jelitik (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengerukan muara Air Kantung Jelitik di Sungailiat diharapkan Iskandar Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segera dilakukan. Langkah tersebut perlu dilakukan lantaran terjadi pendangkalan yang cukup parah akibat tumpukan pasir.

Iskandar menyampaikan harapan itu seusai melakukan kunjungan ke muara Air Kantung Jelitik di Sungailiat, Senin.

Dari hasil kunjungan di lapangan kata dia, diketahui kondisi muara Air Kantung Jelitik yang merupakan infrastruktur pintu utama bagi keluar masuk kapal nelayan melakukan aktivitas dari dan ke laut cukup memprihatinkan..

"Pintu muara sudah tertutup total oleh pasir laut baik terdorong saat air laut pasang maupun akibat abrasi dari tumpukan pasir yang berada di kanan kiri muara," katanya.

Pendangkalan Muara Air Kantung Jelitik Menghambat Aktivitas Nelayan

Iskandar mengakui pendangkalan yang menyebabkan kapal nelayan terhambat beraktivitas keluar maupun masuk terjadi sudah cukup lama dan hingga sekarang belum terselesaikan.

"Saya menaruh harapan besar kepada penjabat Gubernur Ridwan Djamaluddin dapat membantu menyelesaikan persoalan muara Air Kantung Jelitik di Sungailiat karena selain mempunyai kewenangan sebagai pimpinan wilayah, gubernur juga sekaligus menjabat Dirjen Minerba Kementerian ESDM," jelasnya.

Pengerukan Pasir Muara Air Kantung Jelitik

Akibat pendangkalan muara kata dia, sudah banyak kapal nelayan yang pecah karena menghantam tumpukan pasir begitu juga halnya nelayan merugi akibat ikan hasil tangkapan turun kualitasnya.

Iskandar mengatakan, saat di lapangan terdapat kapal isap pasir yang berada di muara namun belum beraktivitas kecuali satu unit alat berat yang berusaha membuka pintu muara.

"Masyarakat nelayan tidak banyak menuntut dan tidak mau tahu siapa yang mengeruk muara, asalkan persoalan pendangkalan muara dapat segera diselesaikan," kata Iskandar yang didampingi Camat Sungailiat Ramzi, Sekretaris camat Sungailiat Ridwan, pemerhati penambangan Bustari dan tokoh pemuda nelayan Ustadz Aziz.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.