DPRD Sumsel Minta Pemprov Lakukan Verifikasi Ulang Data Warga Miskin, Tertinggi ke 10 Pra Sejahtera Nasional
Kawasan penduduk berpenghasilan menengah ke bawah di Kota Palembang

Bagikan:

PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan diminta oleh pimpinan DPRD setempat untuk mendata kembali jumlah penduduk yang masuk kategori miskin, melakukan verifikasi ulang.

R.A Anita Noeringhati, Ketua DPRD Sumsel, menyebutkan verifikasi ulang tersebut mesti dilakukan salah satunya agar penyaluran bantuan program sosial seperti bantuan langsung tunai (BLT) dan sejenisnya dari pemerintah pusat bisa tepat sasaran.

"Sebab saat kami turun langsung ke lapangan masih ada orang-orang yang sebenarnya sudah dikeluarkan dari data penduduk miskin, tetapi mereka masih dapat bantuan," kata dia, usai menghadiri Rapat Paripurna ke-48 di Gedung DPRD Sumsel.

Manipulasi Data Warga Miskin agar Menerima Bantuan

Anita mengaku, kondisi tersebut ditemukan langsung di Kabupaten Ogan Ilir beberapa waktu lalu, di mana ada warga yang kondisi ekonominya berkecukupan masih menerima bantuan sosial tersebut.

“Saya menemukan di Ogan Ilir, ada foto rumahnya yang megah tapi warga itu masih menerima bantuan,” imbuhnya. 

Menurutnya, kondisi itu mengartikan kalau data penduduk miskin yang dihimpun Dinas Sosial belum selaras dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) setempat sehingga mesti dievaluasi dan diverifikasi ulang.

Provinsi Sumatera Masuk Daftar Daerah dengan Tingkat Kemiskinan Tinggi

Ketidakselarasan tersebut juga menjadi penyebab Sumsel masih tercatat masuk dalam daftar 10 daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi secara nasional.

Melalui temuan di lapangan itu maka angka kemiskinan Sumsel itu tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya saat ini.

“Kami minta validasi ini segera sehingga program pengentasan kemiskinan tahun 2022 lebih optimal dan tepat sasaran sehingga Sumsel tidak lagi masuk kategori 10 daerah miskin,” kata dia, Pansus Lima DPRD Sumsel yang membidangi Kesejahteraan Rakyat akan mendorong Pemerintah Provinsi menyelesaikan pekerjaan ini.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.