Eri Cahyadi Targetkan Ratusan Ribu Warga Surabaya Miskin Lepas dari Kemiskinan

Eri Cahyadi Targetkan Ratusan Ribu Warga Surabaya Miskin Lepas dari Kemiskinan
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, menargetkan 219.427 jiwa atau 75.069 KK (Kartu Keluarga), lepas dari kemiskinan pada tahun ini. Dari jumlah itu, sebanyak 23.530 jiwa di antaranya masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem.

 

"Kami targetkan dalam jangka waktu satu tahun ke depan bisa lepas dari garis kemiskinan. Saya berkomitmen untuk terus mengentas kemiskinan, makanya kita bergerak bersama dengan RW-nya. Karena saya ingin membangun Surabaya ini dengan guyub rukun," kata Eri, di Surabaya, Selasa, 17 Januari.

 

Eri mengaku akan terus berupaya melakukan intervensi terhadap warganya yang masuk kategori miskin esktrem, pra miskin dan yang rentan. Intervensi yang sudah berjalan saat ini berupa sekolah gratis, bantuan seragam, BPJS Kesehatan hingga memberikan pekerjaan.

 

"Makanya kita sentuh mereka yang rentan miskin atau pra miskin agar tidak menjadi miskin. Tapi, kalau keluarga miskin, kita berikan tambahan seperti bantuan PKH (Program Keluarga Harapan) dan macam-macam," ujarnya.

 

Selain melalui sejumlah intervensi bantuan, Pemkot Surabaya juga berupaya menambah penghasilan warga miskin dan rentan miskin untuk meningkatkan ekonominya. Salah satunya dengan mengalokasikan anggaran Rp3 triliun pada tahun 2023, untuk program kerja bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

 

"Kita angkat ekonominya agar tidak menjadi miskin dalam satu tahun ke depan. Sehingga orang Surabaya tidak selalu njagakno (menggantungkan) bantuan saja. Tapi bagaimana dia bisa berusaha dan lepas dari kemiskinan," ujarnya.

 

Hingga saat ini, sebanyak 59.473 jiwa atau 79,22 persen dari 75.069 KK atau 219.427 jiwa, rumahnya telah ditempelkan stiker miskin. Data warga miskin ini merupakan hasil dari pendataan oleh Dinsos bersama kelurahan, kecamatan serta RT/RW setempat.

 

Penempelan stiker itu dilakukan oleh semua elemen masyarakat, mulai dari RT-RW, LPMK, KSH, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, pihak kelurahan dan kecamatan. Tujuannya agar bantuan dari Pemkot Surabaya tepat sasaran.

 

"Proses pendataan ini sangat panjang, baik pencocokan data maupun verifikasi ulang ke lapangan bersama RT/RW, KSH, kelurahan dan kecamatan. Jadi, ini sudah keputusan bersama dan ini ditentukan dan diusulkan oleh warga sekitar di dalam satu RT itu," katanya.