Beda! Masih Banyak yang Mudik ke Kampung Halaman Padahal Sudah H+7 Lebaran, Tercatat Sebanyak 12.700 Orang
Calon penumpang KA di Stasiun Senen/ Foto: IST

Bagikan:

PALEMBANG - Mudik lebaran pada umumnya dilakukan pada hari-hari mendekati Idulfitri. Namun pada tahun 2022 ini animo masyarakat melakukan perjalanan mudik dengan kereta api terpantau masih alami peningkatan pada Minggu, 8 Mei, kemarin.

Berdasarkan catatan dari Humas Daop 1 Jakarta ada sejumlah 543.300 tiket kereta api jarak jauh terjual untuk keberangkatan 22 April hingga 8 Mei. Kota tujuan para pemudik yang masih menjadi idola adalah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

BACA JUGA:


"Yang banyak dipilih pengguna di antaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen Chairunisa kepada VOI, Senin 9 Mei.

Dari data terakhir pada Minggu 8 Mei, kata Eva, di Stasiun Gambir terdapat 36 kereta api (KA) yang, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung," kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva beroperasi, 8 KA diantaranya merupakan kereta tambahan.

"Minggu 8 Mei, kemarin, volume penumpang berangkat di Stasiun Gambir mencapai 11.700 penumpang atau 67 persen dari total tempat duduk tersedia sebanyak 17.700," katanya.

Masih Ada Masyarakat yang Mudik Meski Lebaran Sudah Lewat

Meskipun lebaran 2022 telah terlewati, namun masih banyak masyarakat yang akan menuju sejumlah kampung halamannya. Mereka berangkat pasca lebaran karena mengindari kepadatan penumpang.

Sementara di Stasiun Pasar Senen, sedikitnya ada 29 KA beroperasi. 3 KA di antaranya merupakan kereta tambahan untuk memfasilitasi para penumpang.

"Volume penumpang berangkat di Stasiun Senen sebanyak 12.700 atau 60 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.500," ujarnya.

Lonjakan Kereta Api Setelah Lebaran karena Masih Ada yang Mudik

Keberangkatan kereta api pasca lebaran, disebutkan Eva masih terjadi lonjakan penumpang.

"Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi," ucapnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.

Terkait