Waktunya Mudik! Armada KAI Palembang Bawa 7.508 Penumpang Pulang Kampung
Ilustrasi penumpang kereta api (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 7.508 orang penumpang diangkut oleh armada kereta api PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang, Sumatera Selatan, pada 22 -27 April 2022 menjelang lebaran Idulfitri 2022.

Aida Suryanti, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PT KAI Divre III Palembang, menyampaikan para penumpang itu menggunakan kereta api jarak jauh KA Bukit Serelo, KA Rajabasa, dan KA Sindang Marga.

“Antusias masyarakat menggunakan kereta api untuk mudik tahun ini terbilang cukup baik, terlihat dari angka pengguna menjelang hari Lebaran,” kata dia.

Kenaikan yang cukup signifikan untuk pembelian tiket KA Bukit Serelo tujuan Palembang-Lubuklinggau (PP) dan KA Rajabasa tujuan Palembang-Lampung (PP).

Puncak Arus Mudik Idulfitri 2022

Sejauh ini, KAI memperkirakan puncak arus mudik pada 28 April - 1 Mei 2022 atau H-4 hingga H-1, yang terpantau dari penjualan tiket sudah mencapai 100 persen. Demi memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang, KAI telah menyiagakan peralatan dan personel di wilayah rawan longsor dan banjir Sumatera Selatan.

Aida mengatakan hingga hari kelima masa angkutan Lebaran diketahui sebanyak 63 persen dari 52.228 kursi sudah terjual. Bahkan KA ekonomi Bukit Serelo dan KA Rajabasa untuk 28 April-1 Mei 2022 terdata tingkat okupansinya sudah mencapai 100 persen.

Bagi masyarakat yang ingin berangkat untuk tanggal keberangkatan tersebut KAI menyarankan untuk memilih KA Sindang Marga karena masih tersedia. KAI menyiagakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) dan petugas ekstra di daerah tersebut sehingga apabila muncul kendala dalam lintasan rel dapat segera teratasi. Aida juga mengingatkan, meski kapasitas sudah diperbolehkan 100 persen tapi sejatinya masih dalam situasi pandemi tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker.

“Petugas di akan mengatur alur pengunjung dan memastikan mereka mematuhi prokes yang telah ditentukan," jelas Aida.

KAI Sediakan Layanan Vaksinasi Gratis bagi Pemudik

KAI juga menyediakan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan KA Jarak Jauh di Klinik Mediska Palembang, Kertapati, dan Stasiun Tebing Tinggi.

Layanan ini merupakan hasil dari kerja sama antara KAI dengan Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, dan Dinas Kesehatan untuk mendukung program vaksinasi pemerintah.

Untuk layanan Rapid Test Antigen dengan tarif Rp. 35.000, para pelanggan di KAI Divre III Palembang juga masih bisa digunakan di Stasiun Kertapati, Prabumulih, Lahat dan Lubuk Linggau, kata dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.

Terkait