Ambruk Akibat Hujan Deras, Kini  Jalan Lintas Kabupaten Lahat- Empat Lawang Sudah Bisa Diakses
Kendaraan melintasi Jalan lintas di Desa Muara Payang, Kecamatan Muara Payang Kabupaten Lahat (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Akses jalan lintas pengubung Kabupaten Lahat - Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo, Kabupaten empat Lawang sudah dapat diakses kembali untuk lalu lintas kendaraan. Penyelesaian perbaikan jembatan yang sebelumnya ambruk tersebut diinformasikan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumatera Selatan.

"Sementara ini sudah bisa dilalui untuk kendaraan bertonase maksimal tiga ton," kata Kepala UPTD Jalan dan Jembatan Lahat Dinas PUBM-TR Sumatera Selatan Hendry Wijaya di Lahat, Selasa.

Menurut dia, PUBM-TR menargetkan akses jalan tersebut dapat dilalui secara normal pada Rabu (20/4) pagi, dengan memasangkan jembatan bailey.

"Sembari kami menyegerakan perbaikan yakni pemasangan bronjong dan dilakukan penimbunan di jalan itu sehingga lalu lintas segera kembali normal," kata dia.

Penyebab Jalan Lintas Penghubung Lahan-Empat Lawang Ambruk

Sebelumnya, jalan yang berada di Desa Muara Payang, Kecamatan Muara Payang, Kabupaten Lahat itu ambruk hingga sedalam lebih dari satu meter pada, Selasa pagi.

Jalan tersebut ambruk diduga karena adanya aliran air di bawah pondasi yang diperparah oleh hujan deras pada Senin (28/4) malam.

Petugas PUBM-TR memperkirakan aliran air dipondasi itu sudah ada sejak lama yang berasal dari kolam warga sebelah kiri jalan, sehingga membuat rongga di bawah jalan dan ambruk saat dibebani kendaraan yang melintas.

Arus Lalu Lintas Lahat - Pagaralam

Akibat kejadian tersebut arus lalu lintas di sana terputus baik dari arah Lahat, Pagaralam atau Pendopo beberapa waktu hingga kondusif sejak sekitar pukul 16.00 WIB, setelah dikerahkan alat berat pemasangan box culvert dibantu dengan aparat TNI/Polri dan warga setempat.

"Kami terus melakukan percepatan perbaikan sehingga tidak ada arus hambatan lalulintas jalan raya menyambut mudik lebaran," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.