Sumatera Selatan Hari Ini Berpotensi Hujan Lebat
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan, memprakirakan wilayah setempat mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, Sabtu, 7 Mei.

Rilis BMKG diterima ANTARA di Palembang, dilansir Antara, Sabtu, 7 Mei pada pagi hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan sedang di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) dan Muara Enim, sedangkan potensi hujan ringan di wilayah Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dan Lahat.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah OKI, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Banyuasin, dan Palembang.

Wilayah berpotensi hujan ringan di OKU Timur, Prabumulih, Pagaralam, Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Banyuasin pada siang hingga sore hari.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah OKU, Muara Enim, PALI, Lahat, Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Banyuasin, sedangkan potensi hujan ringan di wilayah Prabumulih, Empat Lawang, Musi Rawas Utara, Banyuasin dan Palembang.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24-33 derajat Celsius, kelembapan udara 60-96 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19-32 derajat Celsius, kelembapan udara 65-100 persen.

Angin dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 5-25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, di Selat Bangka bagian utara dan Selat Bangka bagian selatan 0,1-0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan, arah angin dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 4-35 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG Sumsel mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi hingga sore hari.

Adapun wilayahnya meliputi OKI, OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Banyuasin, dan Palembang, sedangkan pada malam hingga dini hari di wilayah OKU, Muara Enim, PALI, Lahat, Lubuklinggau, Musi Rawas, dan Musi Banyuasin.