BMKG Himbau Nelayan Sumsel untuk Waspada Cuaca Buruk Saat Melaut
Arsip : Nelayan sedang berlayar mencari ikan di perairan Selat Selat Sunda (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/21)

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta Nelayan di Sumatera Selatan waspada saat berlayar ke laut. Himbauan itu karena kondisi cuaca saat ini sedang memburuk, diberikan keadaan darurat bencana.

Kepala Stasiun Klimatologi kelas I Palembang Wandayantolis di Palembang, Selasa mengatakan, BMKG pusat sudah merilis status waspasda selama tiga hari ini.

Per hari ini Selasa (14/9), diprakirakan kemungkinan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat pada pagi hingga sore hari. "Nelayan harap perhatikan informasi jangka pendek karena periode transisi cuaca begitu cepat, jadi sewaktu-waktu dapat terjadi hujan yang deras," kata dia.

Khususnya di wilayah Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, OKU Selatan, Lahat, Muara Enim dan Kota Pagaralam.

Gelombang Laut di Perairan Sumsel dan Bangka

Lalu diprakirakan tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 1,25 sampai 2,50 meter, Selat Bangka Bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,1 sampai 0,5 meter.

Angin dari Tenggara ke Barat dengan kecepatan 05 - 25 Km/jam, disertai hujan ringan, arah angin barat daya - utara dengan kecepatan 05 sampai 45 Km/jam.

Sementara diprakirakan pada cuaca saat ini juga mungkin turun hujan dengan skala ringan sampai siang hari diwilayah Banyuasin dan Musi Banyuasin.

Lalu pada siang sampai sore hari awan tebal potensi hujan ringan sampai diwilayah OKU Selatan, Muara Enim, Lahat dan Pagaralam.

"Malam hingga dini hari berkabut," ujarnya.

Suhu Udara di Wilatah Sumatera Selatan

Suhu udara wilayah Sumatera Selatan dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI 23 sampai 32 derajat celcius, kelembapan udara 65 sampai 98 persen.

Sedangkan untuk suhu udara wilayah Sumatera Selatan dataran tinggi sekitar Kota Pagaralam, Lubuk Linggau Kabupaten Empat Lawang, Lahat dan OKU Selatan 19 sampai 30 derajat celcius dan kelembapan udara 70 sampai 100 persen.

"Kondisi cuaca ini diharapkan menjadi atensi kita semua," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .