Penyelundupan Narkoba Pakai Mie Instan, Barang Dikirimkan Lewat Layanan Drive Thru di Lapas
Rutan Kelas I Pekanbaru menggagalkan penyelundupan sabu-sabu dalam kemasan mie instan. (Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Penyelundupan narkoba dengan melalui cara 'drive thru' penitipan barang berhasil di gagalkan aparat Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru digagalkan aparat. Jenis narkoba yang diselundupkan adalah sabu-sabu.

Layanan 'Drive thru ' disediakan oleh pihak rutan untuk menitipkan barang atau santapan berbuka kepada masyarakat di tengah pandemi. 

"Layanan pengawalan barang melalui ' drive thru ' di Rutan Pekanbaru kami adakan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menitipkan barang bagi WBP. Namun masih saja ada oknum-oknum yang memanfaatkan keadaan, mencoba-coba menyelundupkan narkoba," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Mhd . Jahari Sitepu kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis 14 April.

Dia mengatakan, saat ini lapas dan rutan sudah dilengkapi dengan alat pemindai canggih. Dengan Sinar-X, sesuatu yang berada di dalam bungkus pun bisa kita deteksi.

Karenanya Jahari Sitepu mengingatkan pengunjung lapas dan rutan jangan coba-coba lagi menyelundupkan barang terlarang tersebut sebab pasti ketahuan. Jahari turut mengapresiasi jajaran Rutan Pekanbaru yang membuktikan telah berkomitmen memerangi peredaran narkoba.

Kepala Rutan Pekanbaru, Mhd. Lukman menjelaskan kronologis kasus tersebut yang terjadi Rabu 13 April, pukul 16.00 WIB.

Petugas P2U Berhasil Gagal Penyelundupan Narkoba Menggunakan Mie Instan 

Petugas Pos Pintu Utama (P2U) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang diduga sabu-sabu yang dititipkan salah seorang pengunjung yang saat ini dalam pengejaran Polsek Tenayan Raya. Pengunjung menitipkan barang dan makanan yang ditujukan kepada WBP Rutan Pekanbaru.

"Petugas 'drive thru' menerima barang tersebut dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan barang. Karena dicurigai, selanjutnya Petugas P2U bersama Operator X-Ray melakukan pemeriksaan kembali atas barang-barang yang dititipkan dan ditemukan 1 paket kecil yang diduga sabu yang disimpan dalam kemasan mie instan," kata Lukman, melanisr Antara. 

Atas temuan barang tersebut petugas P2U langsung melaporkan kepada Kepala Pengamanan Rutan (Ka. KPR) Pekanbaru, Mai Yudiansyah dan diteruskan ke Karutan.

Penyelidikan Penyelundupan Narkoba dalam Kemasan Mie Instan 

Pihak rutan selanjutnya melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian terkait adanya temuan barang tersebut untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut. Polsek Tenayan Raya kemudian membawa warga binaan yang menjadi tujuan pengiriman barang untuk dilakukan penyelidikan serta mengejar pengunjung yang telah terpantau CCTV dan adanya fotocopy identitas pengirim barang.

"Saya minta seluruh jajaran yang bertugas untuk tetap siaga, teliti dan jeli dalam hal pemeriksaan barang titipan melalui layanan 'drive thru'. Jangan biarkan narkoba merajalela di instansi tempat kita mencari nafkah ini," pungkasnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.