Siap-siap! BLT Minyak Goreng Disalurkan Lewat Pos, Pemerintah Kucurkan R6,15 Triliun
Ilustrasi penerimaan uang (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Data total anggaran bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng akhirnya dirilis oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dana yang pemerintah gelontorkan sejumlah Rp6,15 triliun.

BLT minyak goreng bakal dibagikan kepada 20,5 juta warga yang masuk ke dalam daftar penerima bantuan pangan nontunai dan program keluarga harapan.

“Ini merupakan pemberian BLT pangan agar masyarakat diharapkan dapat memperoleh minyak goreng dengan harga yang terjangkau,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu dalam sebuah webinar pada Senin, 4 April.

Masyarakat yang Menerima BLT Minyak Goreng

Menurut Febrio, setiap masyarakat yang terdaftar akan mendapatkan manfaat Rp100.000 perbulan selama tiga bulan yang pemberiannya bakal dirapel sekaligus Rp300.000 pada April ini.

“Penyaluran BLT minyak goreng ini akan melalui PT Pos Indonesia,” tuturnya.

Anak buah Sri Mulyani itu menjelaskan bahwa pemerintah juga sudah menyediakan BLT bagi PKL dan pedagang warung sebesar Rp750 miliar yang akan disebar kepada 2,5 juta penerima.

“Sama seperti BLT minyak goreng, BLT pedangan makanan ini sebesar Rp100.000 perbulan selama tiga bulan yang pemberiannya akan dilaksanakan sekaligus pada April,” katanya.

Penyaluran BLT Minyak Goreng kepada Masyarakat

Sementara itu, pihak TNI dan Polri ditunjuk pemerintah untuk menjadi lembaga penyalur kepada masyarakat dengan sumber pendaan mengunakan dana cadangan bendahara umum negara (BUN).

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.