Kebakaran Melalap Puluhan Rumah Kampung Nelayan di Sumsel, Api Baru Bisa Dipadamkan Malam Hari
Kebakaran (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kobaran api melalap sejumlah puluhan rumah di Kampung Nelayan, Sungsang 1, Banyuasin II, Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Kebakaran terjadi pada Sabtu (2/4) petang.

Berdasarkan catatan dari pihak kecamatan setempat, sekitar lebih dari 30 rumah warga di sana yang hancur terbakar hingga nyaris rata dengan tanah dalam kebakaran tersebut.

Selain itu pihak kecamatan dan warga juga mencatat beberapa infrastruktur seperti jembatan penghubung kecil, gedung sarang walet dan fasilitas umum lainnya juga mengalami kerusakan.

Kronologi Kebakaran di Kampung Nelayan Banyuasin

Salinan menjelaskan dalam laporannya, kebakaran tersebut diduga berasal dari kompor gas di salah satu tempat penjual makanan gorengan yang menyambar jerigen berisikan bahan bakar minyak (BBM), pada Sabtu petang sekitar pukul 18.45 WIB.

Warga yang melihat kejadian tersebut sempat berusaha memadamkan api di jerigen. Tapi nahasnya, jerigen tersebut terdorong hingga isi BBM nya tumpah ke jalan lalu api semakin membesar menyambar rumah warga lain.

"Kendati demikian informasi penyebab kebakaran tersebut belum dapat dipastikan lantaran masih diselidiki lebih lanjut oleh aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Sungsang dan Polres Banyuasin," kata dia dalam laporan tertulisnya.

Sementara itu, Kepala Polsek Sungsang Iptu Bambang Wiyono mengatakan, saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut sekaligus tengah berupaya membantu masyarakat untuk membersihkan puing kebakaran bersama aparat TNI, perangkat desa dan kecamatan setempat.

Pemadaman Api Kebakaran di Kampung Nelayan Banyuasin

Menurutnya, api kebakaran baru berhasil dipadamkan tiga jam dari awal kejadian atau sekitar pukul 21.00 WIB. Pemadaman tersebut dilakukan secara gotong royong bersama warga setempat berbekal peralatan sederhana.

Kejadian tersebut mengakibatkan sekitar 26 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal yang sementara ini telah diungsikan ke posko penampungan ataupun ke rumah kerabat, sebanyak dua orang mengalami luka-luka mendapatkan perawatan medis dan mencatat nilai kerugian ditaksir mencapai Rp3,5 miliar.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.