188 Rumah Warga Rusak Diterjang Puting Beliung di Bangka Tengah
Rumah rusak akibat puting beliutng (foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bencana puting beliung memporak-porandakan 188 rumah warga di Desa Kebintik, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Mikron Antariksa, Kepala BPBD Bangka Belitung, menyampaikan bahwa puting beliung juga menyebabkan kerusakan satu kelenteng, satu balai persemayaman, dan satu pangkalan gas elpiji di desa tersebut.

"Tim sedang melakukan pendataan tingkat kerusakan rumah dan fasilitas umum akibat puting beliung," katanya, menambahkan, puting beliung umumnya menyebabkan kerusakan atap rumah.

Dampak Bencana Puting Beliung di Bangka Tengah

Selain menyebabkan kerusakan rumah warga, ia mengatakan, terjangan puting beliung menyebabkan empat warga desa terluka dengan perincian satu orang terluka berat dan tiga orang terluka ringan.

"Korban luka berat dan ringan telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis," katanya.

Warga Korban Puting Beliung di Bangka Tengah Mendapat Bantuan

BPBD Kepulauan Bangka Belitung berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mendata dan membantu penanganan dampak terjangan puting beliung di Desa Kebintik.

"Tim membantu memotong pohon yang menimpa rumah warga dan memasang terpal di rumah warga yang atapnya rusak," kata Mikron. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.