Tanah Longsor di Muara Enim; BPBD Sumsel Kirim Bantuan Logistik
Tanah longsor di Muara Enim (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bantuan logistik dikirimkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan kepada para korban bencana alam tanah longsor di Kampung I Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim.

Sebanyak 15 paket sembako dan enam paket alat perlengkapan keluarga dikirimkan oleh BPBD Sumatera Selata. Paket perlengkapan keluarga yang berasal dari Dinas Sosial yang dikirimkan oleh BPBD Provinsi.

Paket bantuan sembako tersebut antara lain 75 buah instan, 60 buah makanan kaleng, 30 kilogram gula pasir, 15 kilogram minyak goreng, 15 kilogram makanan dan perlengkapan keluarga berupa matras karet.

“Bantuan disalurkan ke sana hari ini oleh petugas kami, selain bantuan ini, pemerintah setempat di sana tentu juga mengalirkan bantuan kepada warganya yang longsor,” kata dia.

Penyebab Tanah Longsor di Muara Enim

Menurut Ansori, tanah longsor di Kampung I Desa Pulau Panggung itu terjadi pada Selasa (15/3) sore sekitar pukul 15.30 WIB, yang disebabkan oleh hujan dengan intensitas yang deras sejak Selasa (15/3) pagi.

Lebih lanjut dikatakan berdasarkan rekap data dari personel BPBD setempat tercatat sebanyak tiga unit rumah ditemukan rusak tertimpa runtuhan material tanah longsor dan setidaknya ada empat kepala keluarga yang paling bangunan.

“Tapi tidak ada korban jiwa/luka-luka,” kata dia.

BPBD Bersihkan Longsor di Muara Enim

Kemudian, lanjutnya, kondisi saat ini material longsor-nya sudah dibersihkan oleh warga yang dibantu gabungan personel BPBD Kabupaten, Satpol-PP dan perangkat Desa Pulau Panggung.

"Personal gabungan masih bersiaga di sana untuk memitigasi bencana susulan," tambahnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.