Panik! Gempa 5,5, Magitudo Guncang Sukabumi, Getaran Sampai Jakarta
Ilustrasi gempa Sukabumi (Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG - Guncangan akiabt gempa bumi melanda wilayah tenggara Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, pada Rabu, 16 Maret pagi. Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,5 tersebut terasa hingga Jakarta.

"Bergetar kecil, terasa sedikit," ujar Iman, warga yang berjalan kaki dari Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, 16 Maret.

Gempa Sukabumi Terasa Sampai Bekasi

Getaran gempa juga dirasakan di wilayah Kabupaten Bekasi. Salah satu pegawai di kawasan industri di Sukaresmi, Cikarang mengatakan getarannya membuat gelas yang diletakan di meja bergoyang.

"Gelas bergoyang-goyang," ujar pegawai kantor bernama Dedew.

Selain di Jakarta dan Kabupaten Bekasi, gempa yang muncul pada pukul 10.00 WIB itu terasa di wilayah Kota Bekasi, Pologadung, Pasar Minggu hingga Depok.

Titik Pusat Gempa Sukabumi 5,5 M

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tersebut berpusat di 7.94 Lintang Selatan, 106.94 Bujur Timur.

"#Gempa Magnitudo: 5.5, Kedalaman: 10 km, 16 Mar 2022 10:00:01 WIB," tulis BMKG dalam akun Twitternya, @infoBMKG.

Gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu tidak berpotensi tsunami. Namun, warga tetap diminta mengantisipasi akan adanya gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," ujar BMKG dalam situs.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.