Banjir Rendam 495 Rumah di Baturaja OKU, Warga Mengungsi ke Dataran Tinggi
Banjir di Baturaja OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bencana banjir bandang menerjang Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi pada hari Minggu (13/3) malam tersebut merendam 495 rumah warga.

Amzar Kristopa, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, didampingi Manager Pusdalpos, Gunalfi di Baturaja, Senin mengatakan, akibat hujan deras dan berlangsung lama tadi malam merendam ratusan rumah penduduk di dua kecamatan meliputi Baturaja Barat dan Baturaja Timur.

"Rinciannya 88 rumah tersebar di Kecamatan Baturaja Barat dan 407 di Kecamatan Baturaja Timur," katanya.

Warga Terdampak  Banjir OKU Mengungsi ke Dataran Tinggi

Beruntung, dalam musibah bencana alam tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena sebelum banjir datang sebagian besar warga sudah mengungsi ke tempat dataran tinggi.

Hanya saja, kata dia, banjir ada yang dengan ketinggian air mencapai 178 centimeter itu sempat mengganggu aktivitas masyarakat karena sebagian jalan utama terendam.

"Sebelum air surut para pengendara sempat kesulitan melintas khususnya di seputaran Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Baturaja Timur karena dikhawatirkan terjebak banjir," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya telah melakukan kaji cepat dan bersiap untuk melakukan evakuasi terhadap warga apabila kondisi debit air semakin meningkat atau terjadi banjir susulan.

BPBD OKU Mitigasi Bencana Banjir Lebih Dini

BPBD OKU mengerahkan personel dibantu relawan untuk melakukan patroli memantau lokasi banjir agar bencana alam dapat dicegah sedini mungkin supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

Termasuk menyiapkan peralatan penanggulangan bencana mulai dari perahu karet, pelampung hingga mesin penyedot di setiap posko agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"Untuk masyarakat kami minta tetap meningkatkan kewaspadaan karena banjir susulan dapat terjadi kapan saja. Apalagi curah hujan tinggi diprediksi masih terjadi selama beberapa hari ke depan," ujar dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.