Jokowi Ajak Gubernur Kemah di IKN Nusantaran, Anggota DPR Tanyakan Manfaatnya
Presiden Joko Widodo (Instagram/@jokowi)

Bagikan:

PALEMBANG - Kegiatan kemah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo bersama para Gubernur di titik nol lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Kegiatan kemah bersama tersebut digelar pada 13-15 Maret 2022.

Guspardi Gaus, Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN, mempertanyakan tujuan kegiatan kemah presiden berserta para gubernur se-Indonesia itu.

"Substansi kemah itu apa? Apakah merupakan publikasi atau bagian dari ini (pengecekan IKN, red)," ujar Guspardi kepada VOI, Senin, 14 Maret.

Anggota Pansus IKN itu mengungkapkan saat dirinya melihat kondisi calon ibu kota negara baru. Menurutnya, akses ke titik nol lokasi IKN sangat sulit.

"Saya pernah ke sana tidak tepat di helikopter, masih hutan, kebun. Dulu gak bisa masuk ke sana hanya melihat dari udara karena akses ke titik nol tidak bisa masuk," tulisnya.

Acara Kemah Jokowi di IKN Dikritik Hanya Sekadar Pencitraan

Sehingga jika Presiden Jokowi berkemah harus dijelaskan ke dalam rangka apa apalagi mengajak para publik ikut serta. Jangan sampai, kata Guspardi, acara kemah itu hanya sekedar pencitraan belaka.

Jika dilakukan pengkemahan harusnya kemah yang dimaksud memiliki substansi dalam rangka apakah promosi atau informasi kepada seluruh gubernur bahwa ini adalah tempat-tempat yang akan dijadikan IKN. Sehingga para gubernur yang tadinya tidak tahu dimana tempat dan bagaimana kondisinya akan memahami kondisi objektif daripada tempat IKN yang dilakukan dalam kondisi bagaimana," kata Legislator Sumatera Barat itu.

"Jadi mudah-mudahan punya makna dan manfaat bukan hanya sekedar pencitraan. Kalau pencitraan sia-sialah yang dibawa ke sana tapi tidak ada urgensi daripada keberadaan mereka di situ," lanjut Guspardi.

Kritik Acara Kemah Jokowi di IKN

Selain itu, Politikus PAN meminta kepada Presiden Jokowi untuk mengisi nilai dan manfaat dari agenda tersebut.

"Nilai daripada kemah yang dikakukan apakah rapat koordinasi atau ada semacam pengarahan yang disampaikan presiden kepada para gubernur. Tentu harus punya nilai substansial," demikian Guspardi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.