Presidensi G20 2022 Membuktikan Indonesia Menjadi Negara Berpengaruh dan Berkontribusi Penting
G20 2022 (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Agus Herta Sumarto, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), berpedapat bahwa kegiatan Presidensi G20 2022 menjadi bukti Indonesia masuk kelompok negara berpengaruh. Peranan Indonesia sangat strategis di kancah internasional, sehingga masyarakat perlu bersyukur sekaligus bangga dengan kemajuan ini.

"Kita patut berbangga bahwa negara Indonesia masuk ke dalam kelompok negara G20. Kelompok negara G20 ini bisa dikatakan sebagai kelompok negara elit yang memiliki peran strategis dalam ekonomi politik global," kata Agus dilansir Antra, Kamis, 3 Maret. 

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU).

Indonesia Ambil Moment Menjadi Tuan Rumah G20

Dengan demikian, G20 merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen produk domestik bruto (PDB) dunia, sehingga bisa menjadi  pengubah permainan  bagi berbagai permasalahan yang dihadapi dunia saat ini.

Menurut Agus, Presidensi G20 menjadi momen Indonesia untuk mengambil manfaat dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

"Momen ini juga penting untuk menarik investasi, meningkatkan perdagangan, dan meningkatkan kerja sama ekonomi, baik yang sifatnya multilateral maupun bilateral," ucapnya.

Kerja Sama Ekonomi dan Politik Presidensi G20

Agus dalam mengambil manfaat Presidensi G20, Indonesia harus piawai dalam negosiasi dan lobi politik negara anggota G20.

Poin-poin kerja yang dilakukan harus dibuat dengan detil sehingga tidak ada celah untuk negara yang mengalami kerugian bagi ekonomi dan politik Indonesia.

Ini yang harus dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri beserta kementerian terkait sehingga semua kerja sama ekonomi dan politik menciptakan keuntungan yang optimal bagi Indonesia, ujar dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.