Uang Bonus Atlet Sumsel PON XX Terhambat; KONI Minta Pemda Bersikap Bijak
KONI Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemerintah daerah Sumatera Selatan diminta oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Selatan agar bijaksana dengan tidak mengalokasikan anggaran hibah mereka guna mencukupi uang bonus atlet peraih medali PON XX Papua.

Suparman Romans, Sekretaris Umum KONI Sumsel, menyampaikan sejak awal uang bonus atlet teralokasikan dengan baik melalui rapat-rapat pembahasan yang sudah dibahas.

Dimana, kata dia, uang bonus merupakan tanggung jawab yang harus direalisasikan oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sehingga mengambil anggaran dana hibah KONI untuk mencukupi uang bonus atlet yang kurang bijaksana.

"Karena bonus yang dijanjikan itu Gubernur kemudian realisasinya bukan melalui KONI tapi langsung ke Dispora," kata Suparman.

Uang Hibah Atlet PON Papua Terhambat

Sebelumnya, Kepala Dispora Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan rencana pengambilan anggaran hibah KONI untuk uang bonus atlet tersebut merupakan skema alternatif sesuai koordinasi dengan Komisi V DPRD provinsi.

Yusuf pun tidak menyangkal, kalau uang bonus yang dianggarkan dalam APBD 2022 itu terhambat direalisasikan karena besarannya tidak sesuai dengan raihan medali yang didapat atlet.

Di mana, bonus atlet yang dianggarkan senilai Rp9,2 miliar, sementara kebutuhannya senilai Rp21 miliar yang juga termasuk atlet untuk paralimpik.

demikian, hal tersebut masih akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan perhitungan yang lebih detail sehingga uang bonus atlet dapat segera direalisasikan.

"Akan dikoordinasikan. Itu skema alternatif sesuai koordinasi dengan Komisi V DPRD Provinsi," kata Ahmad Yusuf.

Atlet Sumsel di PON Papua XX

Pada PON XX Papua Oktober 2021 itu Sumsel berada di peringkat 16 dengan raihan delapan medali emas, empat perak dan 17 perunggu. Kemudian torehan 52 medali juga berhasil disumbangkan atlet Peparnas Sumsel dengan rincian 15 emas, 16 perak dan 21 perunggu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami selalu menyajikan berita Sumatera Selatan terlengkap dan terbaru.