Dinas Perikanan OKU Mendorong Masyarakat Budidaya Ikan Lele untuk Mencari Penghasilan
Dinas Peternakan dan Perikanan OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Budidaya ikan lele didorong oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sebagai mata pencaharian. Langkah tersebut ditujukan supaya tambahan guna meningkatkan perekonomian di tengah pandemi COVID-19.

"Budidaya ikan lele tidak sulit sehingga dapat dijadikan usaha sampingan. Selain itu pasarnya pun cukup menjanjikan," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ogan Komering Ulu (OKU), Tri Aprianingsih di Baturaja, Jumat.

Untuk itu, kata dia, masyarakat didorong agar turut membudidayakan ternak ikan lele guna meningkatkan perekonomian dari hasil panen ikan air tawar tersebut.

Bantuan Benih Ikan untuk Budidaya kepada Masyarakat OKU

Untuk mendorong masyarakat membudidayakan ikan lele pihaknya telah memberikan bantuan ribuan benih ikan kepada masyarakat di beberapa desa termasuk pakannya.

Salah satunya masyarakat di Desa Tubohan, Kecamatan Semidang Aji yang mendapatkan bantuan 10 kolam plastik dan 8.000 benih ikan lele.

“Termasuk juga pakan sampai panen serta probiotik atau obat pertumbuhan ikan diberikan kepada masyarakat agar benih ikan dapat berkembang biak dengan baik,” ujarnya.

Selain Desa Tubohan, lanjut dia, bantuan tersebut juga menyasar pada kelompok peternak ikan di Kecamatan Lubuk Raja dan Sosoh Buay Rayap untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat dari hasil panen ikan lele.

Pelatihan Budidaya Ikan di OKU

Selain bantuan benih ikan pihaknya memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang cara budidaya ikan yang baik dan benar sehingga hasil panen yang diperoleh nantinya dapat sesuai harapan.

"Alhamdulillah bantuan yang kami salurkan sejak tahun 2021 silam sudah membuahkan hasil. Mudah-mudah ke depan budidaya ikan lele di Kabupaten OKU terus berkembang dan masyarakat semakin sejahtera," ujarnya.*

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.