Mobil "Oto Sihat" dari PT Timah Berikan Layanan Kesehatan di Desa Terpencil di Babel
Mobil "Oto Sihat" Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program “Oto Sihat” dioperasikan oleh PT Timah Tbk di 22 desa terpencil di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Oto Sihat bekerja memberikan pelayanan kepada 1.781 warga di lingkungan operasional perusahaan berpelat merah itu.

"Program ini untuk membantu pemerintah dalam mengendalikan angka kesakitan dan memetakan status kesehatan masyarakat, khususnya warga desa terpencil yang jauh dari akses kesehatan," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan dalam setahun terakhir, Program "Oto Sihat" PT Timah Tbk telah memberikan pelayanan kesehatan kepada 1.781 warga, sehingga warga yang jauh dari akses kesehatan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Pada 2022, PT Timah Tbk menambah dua unit armada mobil sehat, sehingga bisa semakin maksimal dalam melayani masyarakat hingga ke seluruh wilayah operasional perusahaan ini," katanya.

Komitmen Pelayanan Kesehatan dari PT Timah

Menurut dia, dengan bertambahnya armada mobil sehat ini, tentunya jangkauan pelayanan juga akan semakin bertambah, sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa terlayani untuk mendapatkan kesehatan dasar.

"Kita terus berkomitmen tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, untuk itu perusahaan konsisten menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam berbagai sektor yang dibagi dalam tiga program besar, yakni pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, bina lingkungan dan pendanaan usaha mikro kecil," katanya.

Sabrina (66), warga Dusun Selindung, Kabupaten Bangka Barat mengaku sangat senang mendapatkan pelayanan kesehatan di Mobil Sehat PT Timah Tbk.

“Iya, tadi saya naik mobilnya, tidak seperti dalam mobil berobat. Di dalamnya nyaman, dokternya ramah. Seumur hidup saya baru ini berobat di dalam mobil, biasanya kan di Puskesmas atau di rumah sakit," katanya.

Pelayanan Mobil Sehat Oto Sihat di Pulau Terpencil

Senada dengan Sabrina, salah satu warga Desa Badau, Kabupaten Belitung Timur Suhardi menceritakan dirinya bersyukur mendapatkan pelayanan kesehatan di Mobil Sehat, selain dekat, pelayanannya ramah dan diharapkan kegiatan ini akan rutin dilakukan di desanya.

"Alhamdulillah berobat di Mobil Sehat ini sangat nyaman dan kita cukup terbantu, terutama prosedurnya cukup mudah. Semoga ini bisa datang lagi ke sini mobilnya,” katanya.

Ikuti terus  berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.