Gubernur Bangka Belitung Kembangkan Ekspor-Impor; PT Timah Perdalam Alur Pelabuhan Belinyu
Gubernur Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, menyampaikan bahwa PT Timah Tbk bakal memperdalam alur pelayaran kapal di Pelabuhan Belinyu Kabupaten Bangka. Langkah tersebut dilakukan untuk mendukung ekspor impor secara langsung.

"Pendalaman alur Pelabuhan Belinyu ini segera dilakukan oleh PT Timah Tbk," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan dalam mempercepat pendalaman alur Pelabuhan Belinyu ini, Pemprov Kepulauan Babel telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kepelabuhanan untuk segera melakukan studi Survei Investigasi Desain (SID).

"Insya Allah proses pengembangan berjalan lancar dan Kementerian Perhubungan berjanji akan mengeluarkan izin pendalaman pada Februari 2022 ini," ujarnya.

PT Timah Dimint Mengerjakan Proyek Pendalaman Alur Pelabuhan Belinyu

Menurut dia pendalaman alur pelabuhan ini diserahkan kepada PT Timah Tbk. Perusahaan milik negara (BUMN) ini diharapkan juga dapat melibatkan PT Arta Persada Sejahtera dan PT Semesta Surya Persada dan pihak-pihak yang memiliki TUKS (Terminal Untuk Kepentingan Sendiri) di kawasan pelabuhan tersebut.

"Nanti PT Timah dengan TUKS lainnya dalam pengerukan alur bisa dilakukan B2B (Business to business) pengerjaannya. Semua kita serahkan dengan PT Timah dalam pengerjaannya, tinggal bagaimana mereka kolaborasikan dengan perusahaan lain," katanya.

Pendalaman Alur Pelabuhan Belinyu

Ia menambahkan pendalaman alur Pelabuhan Belinyu ini sebagai langkah pemerintah provinsi pengembangan pelabuhan tersebut untuk salah satu Project Strategis Nasional (PSN) dan Kawasan Industri (KI).

"Ini tidak terlepas dari rencana usulan menjadikan kawasan sekitar Pelabuhan Belinyu menjadi PSN. Ketika kawasan industri di Kecamatan Belinyu mendapat banyak dukungan, maka otomatis Bangka bagian utara bisa lebih cepat berkembang," ujarnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.